Share

Calon Donor Mata Baru 14.617 Orang, Jumlahnya Masih Jauh dari Harapan

krjogja.com, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 18:34 WIB
$detail['images_title']
(Foto: Bank Mata Indonesia)

TINGKAT kebutaan kornea di Indonesia masih tinggi mencapai 170.465 penderita disebabkan komplikasi infeksi kornea, trauma pada mata dan kelainan bawaan.

Sejatinya, kebutaan kornea bisa disembuhkan melalui cangkok kornea. Hanya saja jumlah donor kornea di Indonesia masih sangat sedikit.

"Saat ini hanya terdapat 14.617 calon donor mata di Indonesia," terang Ketua Bank Mata Yogyakarta Prof dr Suhardjo SU SpM(K) dalam acara ramah-tamah dan pemeriksaan mata gratis bagi calon donor kornea di Rumah Sakit Dr Yap Yogyakarta.

Selain ketersediaan kornea yang sangat terbatas, kendala lain cangkok kornea di Indonesia menurut Prof Hardjo adalah mitos dan pemahaman yang salah di masyarakat mengenai cangkok mata.

Kemudian biaya cost service kornea yang masih tinggi, disebabkan regulasi pemerintah yang belum mendukung penuh mengenai pembiayaannya. "Saat ini jumlah penderita kebutaan karena kornea relatif tinggi dan tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan donor kornea," katanya.

(Baca Juga: Donor Mata Tak Mengerikan seperti yang Dibayangkan)

Acara ramah-tamah bersama puluhan calon pendonor kornea dikemas secara interaktif dengan materi penyuluhan tentang komplikasi diabetes pada mata dan prosedur bedah kornea (keratoplasti) disampaikan oleh Dokter Hari, Melvina dan Dokter Patti. Para hadirin antusias menyimak materi dan bertanya kepada dokter. "Bank Mata Yogyakarta berkomitmen menanggulangi kebutaan karena kornea," ujar Prof Hardjo.

(Baca Juga: Kabar Gembira, Transplantasi Kornea Mata Sudah Bisa Dilakukan di Indonesia)

Acara dimeriahkan persembahan nyanyian dari anggota Yayasan Mardi Wuto dan dihadiri penerima donor kornea yang telah menjalani cangkok kornea beberapa waktu lalu.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi masyarakat tentang donor kornea, serta menarik perhatian untuk bergabung menjadi calon pendonor mata," pungkas Prof Hardjo.

(Baca Juga: Terlahir Buta Lalu Mendapat Donor Mata, Ekspresi Anak Ini Ketika Pertama Kali Melihat Dunia Bikin Haru)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)