Share

Ibu Hamil Boleh Makan Durian, dengan Catatan...

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 18:15 WIB
$detail['images_title']
Aturan Ibu hamil boleh makan durian (Foto:Lifehack)

BELAKANGAN ini buah durian banyak dijajakan di pasar, pasar swalayan, dan hypermarket di Jakarta dan sekitarnya. Tentu bagi pencinta buah berduri ini, aroma khasnya bisa sangat begitu menggoda hingga bikin susah tidur jika belum mencicipi.

Begitu pula yang terkadang terjadi pada ibu hamil pencinta durian, meski beberapa ibu hamil ada yang mual ketika menghirup aroma khas durian, tapi yang menyukainya akan sangat tergiur, hingga beberapa dari mereka pun ada yang mengidam durian. Namun, kekhawatiran memakan durian seringkali membayangi, adanya mitos-mitos terkait durian dan kehamilan yang menyeramkan, juga dirasakan ibu hamil.

(Baca Juga: Sisi Lain di Balik Video Viral Bu Dendy dan Pelakor)

“Pada prinsipnya semua buah itu baik, termasuk durian, karena buah berduri ini memiliki kandungan vitamin cukup banyak, seperti vitamin C dan kaya kalsium, sehingga diperbolehkan untuk ibu hamil,” tutur dr. Benny Johan Marpaung, Sp. OG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dalam sebuah sesi wawancara di acara ulangtahun Orami ke-5, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Namun, meskipun ibu hamil diperbolehkan untuk makan durian, dokter Benny juga memberikan catatan agar tidak makan terlalu banyak. Pasalnya, menurut dokter Benny, saat masa kehamilan ibu hamil mengalami pergerakan usus yang melambat, sehingga ketika makan apapun dengan kadar terlalu banyak, ibu hamil akan mual dan muntah-muntah.

“Akhirnya jika terlalu banyak makan, ibu hamil bisa mengalami masalah nutrisi dan bisa berpotensi dehidrasi,” lanjutnya.

 (Baca Juga: 5 Cara Melabrak Pelakor Paling 'Ganas' di Media Sosial, Nomor 4 Paling Berani!)

Sementara, pengaruh durian pada janin pun belum ada buktinya. Menurut dokter Benny, belum ada penelitian yang mengatakan jika ibu hamil makan durian maka akan mengalami keguguran. Tapi, rasa durian yang manis karena kadar gula yang cukup tinggi, bisa memengaruhi ibu hamil jadi lebih mudah mual.

“Jadi, makan saja durian atau apapun itu secukupnya saja, tapi untuk pengaruh durian dengan kontraksi janin juga belum ada penelitian yang membuktikan. Di sisi lain, batas konsumsi durian pada ibu hamil, si ibu harus tahu sendiri batasannya, artinya hanya sekadar mencicipi saja, karena asupan utamanya ibu hamil ialah ikan, daging, sayur, dan telur, itu yang paling penting,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)