Share

Mengenal Beragam Spesies Kupu-Kupu Nan Indah di Bali Butterfly Park, Tabanan

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 406 1863252 mengenal-beragam-spesies-kupu-kupu-nan-indah-di-bali-butterfly-park-tabanan-dqgc9iL2WS.jpg (Foto: Guardian)

BERLIBUR ke Bali rasanya kurang seru bila hanya berkunjung ke pantai saja. Sebab masih banyak objek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Taman Kupu-Kupu Bali atau Bali Butterfly Park.

Objek wisata edukatif itu sangat cocok untuk keluarga yang sedang menghabiskan waktu di Pulau Dewata. Anak-anak bisa belajar mengenal beragam spesies kupu-kupu dan melihat langsung proses metamorfosisnya. Di sana kurang lebih terdapat 15 spesies kupu-kupu dengan jumlah hampir mencapai seribu ekor. Selain itu, ada pula spesies yang dilindungi karena keberadaannya hampir punah.

Bali Butterfly Park terletak di Banjar Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kabupaten Tabanan, Bali. Pendirian objek wisata ini dilatarbelakangi oleh Konferensi Kupu-Kupu Sedunia pada 1993 lalu. Dalam konferensi itu disebutkan bila Indonesia kaya akan serangga khususnya kupu-kupu yang harus dilestarikan dan bisa juga diperkenalkan ke mancanegara.

Benar saja, hingga kini banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke objek wisata tersebut. Berdasarkan unggahan foto di media sosial, terlihat rata-rata wisatawan yang datang berkunjung menyimpan kekaguman. Terlebih ada kupu-kupu yang berukuran sangat besar atau bisa dikatakan raksasa.

Salah satunya adalah kupu-kupu barong yang berwarna hitam. Kupu-kupu ini berukuran besar dengan luas sayap bisa mencapai 400 cm dengan panjang sekira 25 cm.

Sementara itu, banyak pula kupu-kupu yang memiliki warna indah dan terang. Kupu-kupu jenis itu sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto bersama. Ya, wisatawan memang diperkenankan untuk memegang atau menyangkutkan kupu-kupu di tubuhnya.

Bali Butterfly Park buka mulai pukul 08.00-16.00 WITA. Waktu terbaik yang disarankan untuk berkunjung adalah sebelum pukul 10.00 WITA. Alasannya karena di pagi hari lebih banyak kupu-kupu yang bermunculan dan terbang dari satu bunga ke bunga lainnya untuk menghisap madu.

(Baca Juga: Kupu-Kupu Mengerikan Ini Sempat Hebohkan Dunia Maya, Apa Itu?)

Saat berada di objek wisata ini, wisatawan tak hanya bisa melihat kupu-kupu saja. Ada berbagai serangga lain seperti kumbang, kalajengking, serangga unik dan langka, serangga daun, serta laba-laba. Serangga-serangga itu ada yang sudah dikeringkan dan dimasukkan ke display kaca, namun ada juga yang masih hidup.

Bentuknya yang berupa taman membuat suasana di tempat wisata ini menjadi rindang dan sejuk karena dipenuhi oleh aneka pepohonan serta tumbuhan lain. Wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan sekadar menikmati pemandangan. Jangan lupa untuk membeli aneka souvenir lucu yang berbentuk maupun berasal dari kupu-kupu yang sudah dikeringkan.

(Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Waktu Tepat Konsumsi Nasi agar Tidak Mudah Gemuk)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini