Share

Dipanggang, Ini Sederet Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Widya Marchellin, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 12:34 WIB
$detail['images_title']
Manfaat bawang putih untuk kesehatan (Foto:Foodbeast)

TAHUKAH Anda bahwa bawang putih tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan tapi juga bermanfaat sebagai penyembuhan.

Ada sejumlah kecil vitamin dan mineral dalam bawang putih, seperti kalsium, magnesium, seng, dan selenium dan vitamin C, A dan B. Selain itu, bawang putih juga mengandung fitokimia dan nutrisi kuat yang membantu melawan penyakit.

Penelitian menunjukkan manfaat potensial bawang putih terhadap penyakit seperti penyakit jantung dan kanker selain itu juga dapat mengobati batuk, membunuh parasit, meningkatkan kekuatan fisik, mencegah wabah dan mencegah gangren.

BACA JUGA:

Mengenal Tinnitus, Gangguan Telinga Akibat Terlalu Sering di Area Bising

Bawang putih tidak hanya dimasak tapi juga dapat di makan mentah dan dipanggang.

Berikut beberapa manfaat dari bawang putih panggang yang disarikan dari berbagai sumber, Jumat (23/2/2018)

· Pencegahan Kanker

Konsumsi bawang putih panggang mungkin menawarkan beberapa perlindungan terhadap kanker. Selain antioksidan yang ada pada bawang putih, senyawa belerang yang dikandungnya juga langsung bereaksi terhadap karsinogen dan racun, membantu tubuh mengeluarkannya sebelum bisa menyebabkan kerusakan. Selain itu, senyawa ini menginduksi penghancuran sel kanker.

· Kesehatan jantung

 

Bawang putih panggang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut Linus Pauling Institute, bawang putih dapat mempengaruhi produksi kolesterol dengan menghambat sintesis kolesterol oleh hati. Bawang putih juga memiliki khasiat antiinflamasi dan mengurangi penggumpalan darah.

 

· Melawan infeksi bakteri, jamur dan virus

Beberapa senyawa aktif dalam bawang putih dapat melawan infeksi bakteri, jamur dan virus yang umumnya menyebabkan penyakit menular.

BACA JUGA:

4 Bahan Alami di Sekitar Kita yang Ampuh Legakan Hidung Mampet

· Melindungi dari efek samping obat rematik

Obat anti-athritis telah menunjukkan efek samping yang merugikan seperti nefrotoksisitas dan kerusakan mukosa lambung. Dengan mengkonsumsi bawang putih panggang dapat menekat efek samping obat tersebut.

Meskipun bawang putih panggang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tapi Anda dilarang untuk mengonsumsi terlalu banyak bawang putih karena akan menimbulkan beberapa masalah yaitu bau badan dan nafas, mulas atau sakit perut.

Selain itu bawang putih diketahui menyebabkan atau meningkatkan risiko perdarahan. Orang yang menggunakan pengencer darah atau sedang menjalani operasi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih dalam jenis apapun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)