Share

Sebanyak 8.000 Jumlah Kalori Harian yang Dikonsumsi Para Atlet Ski

Pradita Ananda, Okezone · Senin 26 Februari 2018 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 298 1864933 sebanyak-8-000-jumlah-kalori-harian-yang-dikonsumsi-para-atlet-ski-DjbZaHpeI7.jpg Jumlah kalori yang dibutuhkan atlet ski (Foto:Tabatatimes)
A A A

BUKAN rahasia lagi bahwa pola makan yang dijalani oleh para atlet, terlebih lagi atlet kelas Olimpiade tentunya berbeda dengan pola makan yang dimiliki oleh kebanyakan orang biasa pada umumnya.

Di mana biasanya, pola makan yang dimiliki atlet Olimpiade ini, seringnya membuat kita para orang biasa menjadi terkagum-kagum.

Bagaimana tidak membuat para orang awam terkagum-kagum dibuatnya? Tahukah Anda, bahwa atlet ski dari berbagai penjuru negara disebutkan tipikalnya akan mengonsumsi 8.000 kalori seharinya jika sang atlet tersebut sedang di dalam masa training dan berlomba, di mana jumlah ini kurang lebih tiga kali lipat dari jumlah asupan kalori normal orang-orang awam pada umumnya.

BACA JUGA:

Wanita Ini Disuplai Ayam Goreng Setahun Penuh Oleh Restoran Burger! Kok Bisa?

Seperti contohnya dalam sebuah laporan dari New York Times, atlit ski Martin Moeller dari Greenland, mengungkapkan bahwa saking banyaknya kalori yang harus ia asup, ia terkadang merasa lelah untuk makan karena ia harus makan mengonsumsi sesuatu setiap interval dua jam sekali. Disebutkan lebih lanjut, para atlet harus menerapkan trik ke tubuh mereka agar bisa makan makanan lebih banyak. Di mana ini artinya seperti mengonsumsi makanan yang ditumbuk, membawa kudapan alias camilan seperti kacang-kacangan dan beef jeerky atau dendeng kemana pun mereka pergi, dan menengguk minuman protein.

Sebagai menu sarapan, Martin menjelaskan ia akan makan telur goreng, kacang polong, dan oatmeal. Lalu lanjut di makan siang ia akan menyantap pasta dengan saus daging, juga lengkap dengan memakai sepotong daging ikan, serta salad. Barulah untuk makan malam, ia akan menyantap dua porsi apapun makanan yang tersedia di rumahnya.

Soal pola makan banyak ini sendiri, Martin mengaku bahwa ia sekali waktu pernah mencoba untuk merubah pola dietnya dengan tidak memotong asupan gula tapi ia menyadari bahwa hal tersebut tidaklah meningkatkan penampilannya sebagai atlet, sehingga ia memutuskan untuk kembali ke pola makan, mengonsumsi makanna apapun dan kapanpun ia suka.

"Secara pribadi, aku suka makan untuk merasa senang. Tetapi ketika dirimu adalah seorang atlet elit, maka aku kira Anda harus mengorbankan segalanya termasuk selera Anda, agar bisa bertahan di puncak kinerja penampilan," ungkap Martin.

BACA JUGA:

Mencicipi Olahan Ikan Tai dari Jepang

Begitu juga dengan salah satu pemain ski linta negara, Caitlin Patterson, yang juga mengaku ke New York Times, bahwa setiap harinya ia mengonsumsi estimasi kalori sekitar 3.500 kalori.

Caitlin diketahui biasanya menyantap dua buah telur goreng mata sapi dengan butter, lalu dua potong roti panggang untuk menu sarapannya di pagi hari. Sedangkan di jam makan siang, ia biasanya akan mengonsumsi salad dengan porsi besar lalu kemudian dilanjutkan dengan makan biskuit atau kue kering atau bisa juga es krim sebelum tidur siang.

Begitu Caitlin bangun, barulah sesi training dimulai. Namun, bukan berarti atlet satu ini tidak menyantap camilan loh! Untuk camilan sepanjang hari, biasanya Caitlin akan menyantap buah-buahan. Demikian seperti disitat Foodandwine, Senin (26/2/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini