Share

Cara Menyiasati Penyajian Makanan yang Terlihat Kurang Menarik

Tiara Putri, Okezone · Senin 26 Februari 2018 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 298 1864946 cara-menyiasati-penyajian-makanan-yang-terlihat-kurang-menarik-gs06CFGUlG.jpg Menata makanan (Foto: Food52)
A A A

PENASARAN dengan rasa sebuah makanan karena tampilannya merupakan hal yang biasa. Penyajian suatu makanan memang memengaruhi minat masyarakat awam untuk menyicipinya. Entah itu karena komposisi bahan makanan, tekstur, bentuk maupun warna yang disajikan. Orang cenderung memilih makanan yang bentuknya aneh dan berwarna-warni.

Di media sosial seperti Instagram seringkali ditemui beberapa akun yang menggunggah video atau foto makanan yang terlihat menarik. Unggahan itu mampu menaikkan selera penggunanya untuk mencicipi. Akan tetapi, bagaimana dengan makanan yang penataannya tidak menarik? Pasti masyarakat awam cenderung enggan mencobanya. Padahal belum tentu rasa makanan tersebut tidaklah lezat.

 BACA JUGA:

Sebanyak 8.000 Jumlah Kalori Harian yang Dikonsumsi Para Atlet Ski

Penyajian makanan yang kurang menarik bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama penyusunannya terlihat tidak simetris. Kemudian tekstur dan toppingnya tidak terlihat menarik. Warna makanan yang tidak menarik seperti tampak pucat atau cokelat membuat masyarakat awam memandangnya dengan sebelah mata. Terakhir, makanan tidak terlihat fotogenik ketika diambil gambarnya.

Apabila Anda termasuk orang yang tidak terampil menata makanan namun memiliki cita rasa tinggi, ada sejumlah tips yang bisa diikuti. Melansir Food 52, Senin (26/2/2018), langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menonjolkan karisma makanan. Anda bisa membuat makanan yang seolah-olah bertekstur kasar sehingga orang lain merasa penasaran.

Selanjutnya, pilihlah satu bagian dari makanan Anda untuk diekspos. Maksudnya Anda bisa membuat bentuk aneh-aneh pada salah satu bagian guna menarik perhatian. Ketiga, buatlah makanan yang memiliki warna netral. Bila Anda tidak bisa menarik minat orang lain untuk mencicipi makanan Anda melalui bentuk, cobalah bermain dengan warna. Jangan gunakan warna yang terlalu terang, pilihlah warna-warna netral seperti cokelat, putih, atau hitam.

Terakhir, Anda bisa menambahkan banyak garnish atau hiasan di piring penyajian makanan. Hiasan dapat membuat orang merasa tertarik. Tapi ingat, tambahkan hiasan sewajarnya, jangan sampai menutupi makanan.

 BACA JUGA:

Wanita Ini Disuplai Ayam Goreng Setahun Penuh Oleh Restoran Burger! Kok Bisa?

Sebagai contoh, bila Anda ingin menyajikan steak ayam dengan saus berwarna putih. Penyajian makanan bisa diakali dengan cara menambahkan daun sage dan lada hitam pada saus untuk membuatnya terlihat menarik. Lalu, bila Anda ingin menyajikan mie yang berwarna agak pucat, siasati dengan meletakkan pada piring berwarna perak, linen, atau hitam. Cara itu akan membuat orang yang melihatnya berfokus pada mie. Anda bisa juga menambahkan garnish berwarna hijau untuk menarik perhatian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini