Share

Orang Indonesia Lebih Suka Mi Kenyal, Ini Alasannya!

Dinno Baskoro, Okezone · Selasa 27 Februari 2018 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 298 1865670 orang-indonesia-lebih-suka-mi-kenyal-ini-alasannya-iOXRLHV2D5.jpg Olahan mi (Foto: Maangchi )
A A A

MASYARAKAT Tanah Air sudah familiar dengan sajian mi. Terlepas dari banyaknya jenis dan karakteristik mi yang ada, rupanya ada satu hal yang paling disukai, yakni mi yang bertekstur kenyal.

Mengapa demikian? Rupanya selera bersantap orang Indonesia yang mengedepankan nikmat saat dikunyah serta sensasi kenyang membuat mi kenyal lebih disukai daripada jenis mi lain.

Hal itu pun membedakan selera masyarakat Asia lainnya seperti di Singapura dan Malaysia yang lebih menyukai mi cenderung lembut saat dikunyah.

 BACA JUGA:

Emoji Lobster Terlihat Janggal, Perusahaan Menggantinya agar Lebih Menggugah Selera

"Orang Indonesia itu suka mi kenyal. Karena mereka lebih suka yang ada sensasinya kalau mi digigit. Contohnya bakmi," ujar Budianto Wijaya selaku Sales & Marketing Director PT Bungasari Flour Mills Indonesia di Jakarta.

Selain menambahkan sensasi nikmat, mi yang cenderung kenyal juga lebih mudah diolah. Sehingga ketika mengolahnya tidak perlu takut terlalu lama direbus dan tidak mudah lodoh.

Pada proses pembuatan mi yang bertekstur kenyal, sejatinya tidak ada bahan khusus yang ditambahkan. Melainkan hanya menggunakan tepung berprotein tinggi, sehingga teksturnya jadi lebih kenyal.

"Semakin tinggi kadar gluten, maka mi yang dihasilkan akan semakin kenyal," tambahnya.

Jenis mi kenyal biasanya dikategorikan sebagai mi basah. Hal itu pun membuat mi kenyal tidak memiliki daya tahan yang lama.

Tak ayal banyak pedagang nakal yang menyiasati mi dengan penambahan bahan-bahan berbahaya agar mi kenyal awet bahkan kekenyalannya diracik dengan bahan berbahaya. Karena itu, ketika hendak membeli mi konsumen harus lebih berhati-hati.

"Mi basah tidak akan bertahan lebih dari 24 jam di suhu ruang. Lebih dari itu mi akan cepat bau dan pasti pakai bahan pengawet," ujar Budi.

Sebagai konsumen, tentu harus cerdas ketika hendak membeli mi kenyal di pasaran. Setidaknya ada sejumlah cara untuk memilih mi kenyal yang aman dan berkualitas.

Misalnya, coba perhatikan tampilan mi. Mi yang cenderung mengilap, berbau menyengat dan tidak lengket biasanya mengandung formalin.

 BACA JUGA:

Cara Memecahkan Telur dengan Mudah dan Antirepot!

Pilihlah mi yang berwarna kuning alami dan coba remas sedikit. Sebab, ketika diremas dan mi tidak kembali ke bentuk semula, itu merupakan tanda bahwa mi masih segar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini