Share

Seru, 22.258 Wisatawan Semarakkan Festival Perang Air Selatpanjang

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 406 1865535 seru-22-258-wisatawan-semarakkan-festival-perang-air-selatpanjang-dzjB7p0klQ.jpg Festival Perang Air (Foto: Antara)

SELATPANJANG - Festival Perang Air 2018 di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yang berakhir pada 22 Februari tercatat dihadiri oleh 22.258 wisatawan Nusantara dan mancanegara.

"Jumlah wisatawan mancanegara mencapai 3.589 orang, sedangkan wisatawan Nusantara 18.669 orang," kata Ketua Festival Perang Air 2018 Uyung Permadi Salis di Selatpanjang, Selasa (27/2/2018).

Jumlah wisatawan yang hadir melebihi target Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, yaitu 21 ribu wisatawan Nusantara dan mancanegara pada tahun ini.

Sementara itu, ia mengatakan jumlah penduduk lokal di Selatpanjang yang mengikuti Festival Perang Air mencapai 16.742 orang. Dengan begitu, secara keseluruhan Festival Perang Air 2018 diikuti oleh sekitar 39.000 perserta.

Selatpanjang merupakan kota di pesisir Riau yang selalu ramai saat perayaan Imlek karena sebagian besar populasi penduduknya adalah keturunan Tionghoa. Namun, perayaan Imlek di Selatpanjang berbeda dengan kota lainnya karena ada tradisi perang air, atau yang dalam sebutan setempat "Cian Cui".

Pemerintah Kabupaten Meranti mengemas "Cian Cui" sebagai festival sejak 2013. Tradisi perang air itu berlangsung setiap sore hari selama enam hari sejak Imlek, yang pada tahun ini jatuh pada 16 Februari 2018. Perang Air tersebut berawal dari permainan anak-anak setempat saat Imlek, dan tidak terkait ritual sehingga semua lapisan masyarakat bisa ikut meramaikannya.

(Baca Juga: Perempuan Cantik Ini Punya Otot Besar di Sekujur Tubuhnya, Berani Ajak Kencan?)
(Baca Juga: Perempuan Cantik Ini Punya Otot Besar di Sekujur Tubuhnya, Berani Ajak Kencan?)

Ia mengatakan rata-rata wisatawan mengikuti festival tersebut pada Imlek ketiga hingga puncaknya pada 22 Februari. Wisatawan mancanegara yang hadir di antaranya berasal dari Afrika Selatan, Inggris, Jamaika, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

(Baca Juga: Gaya Bercinta yang Bikin Pasangan Berkeringat karena Bakar Kalori)

Sementara itu, wisatawan Nusantara dari luar Riau yang hadir di antaranya berasal dari Bandung, Jakarta, Jambi, dan Papua.

(Baca Juga: Wisatawan Enam Negara Ikut Meriahkan Tradisi Imlek Perang Air di Riau)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini