Share

Hadiri Perayaan Cag Go Meh, Menpora Imam Nahrawi Cicipi Kopi dan Bakmi Khas Singkawang

Dina Prihatini, Okezone · Jum'at 02 Maret 2018 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 298 1867076 hadiri-perayaan-cag-go-meh-menpora-imam-nahrawi-cicipi-kopi-dan-bakmi-khas-singkawang-gW3Ejny8Dv.jpg Menpora Imam Nahrawi saat mencicipi kopi khas Singkawang (Foto: Dina Prihatini/Okezone)
A A A

MENGUNJUNGI Kota Singkawang, menjadi hal baru bagi Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi.

Terutama saat mengikuti perayaan Cap Go Meh, diakui pria asal Madura ini menjadi sebuah kebanggaan lantaran seluruh masyarakat tanpa memandang etnis dapat merayakan perayaan hari raya China dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dari perayaan Cap Go Meh, Imam Nahrawi lantas melakukan ritual yang biasa dilakukan masyarakat pada umumnya yaitu mencoba beberapa minuman serta makanan khas kota yang terkenal dengan julukan Kota Seribu Kelenteng ini.

 (Baca Juga: Ribuan Warga Padati Festival Cap Go Meh 2018 di Bogor)

Tempat nongkrong masyarakat Kota Singkawang dan Kalbar pada khususnya yaitu warung kopi menjadi tempat pertama kalinya, Menpora menyambangi warung kopi nikmat yang ada di Jalan Sejahtera. Ibu Along, pemilik warung kopi lantas mengajarkan Imam untuk menyeduh kopi yang biasa dihidangkan untuk seluruh masyarakat Singkawang.

"Ini pertama kalinya mencoba membuat kopi dengan versi berbeda, kalau biasa kopi dicampur gula langsung, di sini diseduh dulu kopi dengan air panas baru ditambah gula," ungkap Menpora saat dikonfirmasi Okezone di sela-sela menyantap Bakmi 68 Singkawang, Jumat (2/3/2018).

Di warung Kopi Nikmat ini, Menpora diserbu ratusan penggemar dari berbagai kawasan untuk bersalaman dan meminta foto bersama. Minum kopi, dijelaskan Imam Nahrawi menjadi kebiasaan sehari-hari di rumah yang selalu disajikan istri tercinta, Sobibah Rohmah.

  (Baca Juga: Festival Lampion Hoi An Semarakkan Cap Go Meh di Vietnam)

"Kalau saya yang buat di rumah namanya kopi cinta mbak," timpal sang istri kepada Okezone.

Menurut Imam Nahrawi, kecintaan masyarakat Indonesia akan menyeruput kopi menjadi sebuah kebiasaan agar menjadi generasi penuh semangat dengan memperluas jaringan.

"Kalau enggak minum kopi, artinya kurang piknik. Karena dengan kopi silaturahim terjaga dan banyak manfaat bisa berbagi," tuturnya sembari tertawa.

Ditanya soal rasa kopi yang ia seduh sendiri, Menpora mengaku nikmat tiada tara. "Kalau di daerah saya di Madura, kopinya dicampur bubuk jagung, di sini asli jadi sangat nikmat sekali, apalagi diajarin membuatnya sama Ibu Along," tuturnya.

  (Baca Juga: Masjid Apung di Jawa Barat Diperkirakan Selesai Akhir Tahun)

Usai mencoba kopi Singkawang, destinasi kuliner yang sangat terkenal, yaitu bakmi 68 menjadi tujuan selanjutnya. Di bakmi 68, Menpora ditemui khusus mantan oleh Walikota Singkawang periode 2009-2014, Hasan Karman. Dan langsung menikmati makanan didampingi seluruh rombongan Kemenpora sekaligus rekan-rekan jurnalis.

"Di sini juga baru ngerasain dan saya yakin ini enak," terangnya.

Kawasan terakhir yang dikunjungi Menpora adalah Singkawang Culture Center yang baru saja diresmikan oleh mantan Gubernur dua periode di Kalbar, Cornelis.

Digedung SCC, Menpora didampingi Walikota Singkawang, Tjhai Cui Mie berkeliling melihat bangunan yang berisikan sejarah Kota Singkawang lengkap dengan ruang pertemuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini