Share

Luhut Pandjaitan Kagum dengan Kesiapan Banyuwangi Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 406 1867165 luhut-pandjaitan-kagum-dengan-kesiapan-banyuwangi-jadi-destinasi-wisata-unggulan-8aG1Ngznjb.jpg Menko Maritim Luhut Pandjaitan di Kawah Ijen (Foto: Ist.)

INDONESIA memiliki banyak potensi wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Nah, salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi sorotan banyak turis saat ini selain Bali adalah Banyuwangi.

Kabupaten ini berada di Jawa Timur dan ditetapkan sebagai wilayah terbaik nomor dua di Jawa Timur setelah Surabaya. Menko Maritim Luhut Pandjaitan pun menuturkan kekagumannya terhadap kesiapan Banyuwangi untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

“Saya lihat Banyuwangi ini sangat siap menerima kunjungan wisatawan. Kotanya tertata rapi, bersih, banyak potensi daerah yang sudah dimanfaatkan,” ujar Luhut kepada awak saat media meninjau kesiapan kabupaten tersebut dalam menyambut Annual Meeting IMF dan Bank Dunia di Bali Oktober mendatang, pada Kamis 1 Maret 2018.

 (Baca Juga: Kesan Sri Mulyani dan Luhut Binsar Pandjaitan Setelah Kunjungi Kawah Ijen di Banyuwangi)

Menko Luhut datang bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. Ketiganya disambut oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dalam sambutannya Menko Luhut mengatakan dari semua daerah penyangga Bali yang ditunjuk menjelang pertemuan tersebut, Banyuwangi merupakan daerah yang paling siap.

“Menurut saya daerah ini bisa kita jual. Rakyat Banyuwangi harusnya bangga punya pemimpin yang bisa mengoordinasikan jajarannya dan membangun kerja tim yang sangat baik. Kalau ada kurang-kurang, ya manusia kan tidak ada yang sempurna,” kata Menko Luhut saat ramah tamah usai rapat koordinasi dengan jajaran pemerintah kabupaten.

  (Baca Juga: Festival Cap Go Meh 2018 Resmi Dibuka, Ribuan Warga Bogor Diguyur Hujan)

Ia juga mengatakan masyarakat Banyuwangi harus serius ikut mempromosikan Indonesia. “Kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Negara kita besar, Banyuwangi ini potensial. Kita harus dukung upaya Indonesia menjadi lebih baik, lebih makmur,” kata Menko Luhut.

 

Menko Luhut dan rombongan mengadakan rapat koordinasi dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan jajaran SKPD di pendopo Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi.

“Tadi saat rapat kita bicarakan semua yang belum beres. Kita bicarakan dan ternyata kita dapatkan jalan keluarnya dengan biaya yang tidak terlalu besar,” ujarnya saat ditanya media.

  (Baca Juga: Masjid Apung di Jawa Barat Diperkirakan Selesai Akhir Tahun)

Menurutnya, dibicarakan pula pembangunan kereta gantung dan fasilitas umum di kawasan Kawah Ijen, perbaikan jalan menuju Alas Purwo, fasilitas di Marina Boom dan lain-lain. Saat mendarat di Bandara Blimbingsari, Menko Luhut dan rombongan sudah terpesona dengan bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia yang dibangun dari kayu-kayu bekas dan minim penggunaan pendingin udara.

“Ternyata dengan biaya Rp45 miliar, bisa dibangun bandara sebaik ini. Semoga kreativitas Pak Bupati dalam menyiasati pendanaan bisa ditiru pemimpin lain,” ujar Menko Luhut.

Di Bandara, Menko Luhut dan rombongan diberi udeng, penutup kepala khas Suku Using, masyarakat asli Banyuwangi. Usai rakor rombongan menuju ke Desa Adat Oseng Kemiren Kecamatan Glagah.

Menko Luhut berkesempatan melakukan 'roasting' biji kopi arabika dari perkebunan kopi Banyuwangi, “Saya tidak tahu apa komposisinya, tapi kopi ini enak,” puji Menko Luhut.

Dini harinya rombongaan melanjutkan perjalanan naik ke puncak Kawah Ijen untuk menyaksikan Blue Fire.

“Di Ijen ada beberapa masalah yang sebenarnya tidak terlalu rumit tapi sangat esensial. Seperti pengadaan tiang BTS, fasilitas toilet dan fasilitas shelter. Kita harus bereskan ini. Karena nanti yang datang bukan saja wisatawan dari kalangan menengah saja tetapi wisatawan kaya, jadi kita harus menyediakan fasilitas yang dibutuhkan mereka,” ujar Menko Luhut sebelum meninggalkan Banyuwangi, Jumat pagi (2/3/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini