Share

Minyak Zaitun Bikin Telur Goreng Jadi Lebih Enak, Yuk Coba Terapkan!

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 06 Maret 2018 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868721 minyak-zaitun-bikin-telur-goreng-jadi-lebih-enak-yuk-coba-terapkan-rY9DCIvYCC.jpg Telur mata sapi (Foto: Bettycrocker)
A A A

DI bagian penjuru dunia, hidangan telur mata sapi biasanya paling sering dijadikan sebagai salah satu menu sarapan sehari-hari. Namun di Indonesia, konsumsi telur mata sapi tidak hanya terbatas sebagai menu sarapan, tetapi juga sah-sah saja sebagai lauk untuk makan siang ataupun makan malam.

Dalam pengolahannya, telur mata sapi ini biasanya digoreng dengan menggunakan minyak goreng biasa. Namun tahukah Anda, bahwa sedikit saja perubahan pada jenis minyak yang dipakai, bisa membuat hidangan telur mata sapi jadi jauh lebih enak dan sehat?

 BACA JUGA:

Mulai Bakso, Sate hingga Rendang Nabati, 168 Jenis Menu Siap Manjakan Lidah Vegan & Vegetarian

Seperti dilansir Dailymail, Selasa (6/3/2018) dikatakan untuk membuat telur mata sapi yang lebih enak dan sehat, triknya ialah dengan mengganti penggunaan minyak goreng biasa dengan minyak zaitun alias olive oil. Disebutkan lebih lanjut, minyak zaitun mengandung banyak zat antioksidan dan menghasilkan lebih sedikit zat aldehida berbahaya. Selain itu, minyak ini juga memiliki titik didih rendah.

Disebutkan dalam sebuah studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak nabati atau minyak sayur biasa untuk menggoreng makanan, kemungkinan buruk bagi kesehatan karena adanya produksi bahan kimia beracun yang disebut aldehida selama proses pemanasan.

Akan tetapi meskipun minyak zaitun digolongkan sebagai minyak nabati, penelitian telah menunjukkan bahwa memanaskan minyak tak jenuh menciptakan aldehida lebih sedikit daripada minyak nabati lainnya.

Sementara itu, menurut Brit+Co penggunaan minyak zaitun untuk membuat telur mata sapi juga bisa membantu menciptakan telur goreng yang sempurna karena minyak zaitun memiliki titik didih rendah yang membuat telur lebih cepat matang. Artinya, bagian putih telur akan matang dan renyah lebih cepat namun bagian kuning telur dengan sempurna berair di bagian tengah.

Namun disebutkan, ada beberapa orang yang sengaja menghindari memakai minyak zaitun untuk membuat hidangan telur mata sapi karena minyak zaitun memiliki rasa gurih yang bisa meresap ke dalam telur. Mengenai hal ini, para ahli dari Bri+Co menyatakan bahwa rasa lembut minyak zaitun sebenarnya bisa menjadi kanvas yang sempurna untuk rasa lain.

BACA JUGA:

Menyiapkan Bekal Makanan Sendiri Itu Tidak Mudah! Ini Buktinya!

Jadi, jika menggoreng telur mata sapi dengan butter akan menghasilkan hidangan telur mata sapi yang asin sekaligus creamy, namun rasa yang lebih ringan dari minyak zaitun akan membuat hidangan satu ini jadi lebih sehat dan ringan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini