Share

Jangan Takut, Ini Tips Mendaki Gunung untuk para Wanita

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 406 1868640 jangan-takut-ini-tips-mendaki-gunung-untuk-para-wanita-6rVxbOuu2P.jpg Tips mendaki gunung untuk wanita (Foto:Junkins)

 

SEKARANG ini, menjelajah alam ataupun berpetualang tidak hanya digemari oleh kaum pria, tapi kaum wanita pun juga sudah mulai tertarik untuk melakukan petualangan. Tetapi, seperti yang kita tahu, wanita memiliki banyak kebutuhan dan peralatan wajib yang perlu disediakan, termasuk ketika akan pergi berpetualang.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh traveler cantik Jessica Katharina. Menurutnya, wanita memang membutuhkan banyak keperluan, karena mereka pasti memikirkan kulit, rambut, wajah dan juga masa menstruasi yang mungkin saja datang tanpa diprediksi. Untuk hal tersebut, Jessica mempunyai trik sendiri agar saat mendaki gunung, Anda tidak perlu membawa banyak barang yang nantinya akan mengganggu kenyamanan tubuh dan proses mendaki.

 BACA JUGA:

Jarang Diketahui Wisatawan Pantai Kayu Arum Gunungkidul Masih Perawan

“Banyak perempuan yang takut untuk pergi eksplorasi keindahan alam karena biasanya repot. Cara menyiasatinya, kita bisa membawa barang tersebut dalam kemasan yang kecil atau yang travel size dan harus bawa yang lengkap, karena keperluan seperti itu tidak bisa dipinjam atau diminta. Jadi semua perlengkapan tersebut harus dibawa dari kota,” ujarnya saat diwawancarai di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Jessica juga menambahkan, untuk perawatan wajah dan tubuh saat sedang melakukan pendakian, cukup bawa tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ia juga menyarankan untuk selalu menyediakan perlengkapan bulanan wanita setiap akan mendaki, karena biasanya jadwal menstruasi akan datang lebih cepat ketika kelelahan.

 BACA JUGA:

5 Lounge Mewah di Bandara dengan Fasilitas Luar Biasa!

Perhatikan juga beban yang akan dibawa. Usahakan beban pada backpack tidak lebih dari 1/3 dari berat badan Anda. Maka dari itu, Anda harus selektif memilih barang yang akan dibawa saat melakukan pendakian.

Hal terakhir yang paling penting, yaitu persiapan dan pelatihan fisik, ini sangat berguna ketika proses pendakian. Seperti latihan renang dan lari. Anda juga perlu melakukan research apakah daerah itu akrab untuk Anda jelajahi. Bagaimana kultur orang di sana, apakah nyaman atau tidak, kalau tidak lebih baik Anda mencari orang yang pernah melakukan pendakian ke tempat tersebut, jadi Anda dapat mengakses tempat tersebut dengan lebih mudah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini