Share

Malaysia dan Singapura Ikut Festival Jengkol Indonesia

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 298 1869105 malaysia-dan-singapura-ikut-festival-jengkol-indonesia-AoxNpWzPqC.JPG Ilustrasi olahan jengkol (Foto: Instagram Dapurayalicious)
A A A

BEKASI - Sejumlah pelaku usaha kecil menengah nasional dan luar negeri akan bergabung dalam Festival Jengkol Indonesia yang digelar di Kota Bekasi, Jawa Barat, pada 23-25 Maret 2018.

"Kami menggaet UKM lokal yang memproduksi makanan berbahan dasar jengkol. Mereka tersebar di berbagai daerah, di antaranya Kalimatan, Bandung, Bekasi, bahkan ada juga yang dari Malaysia dan Singapura," kata Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia, Kamila di Bekasi, Rabu (7/3/2018).

Menurut dia, peserta acara tersebut akan menyajikan kuliner berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol fantasia, jengkol crispy, jengkol rawon, jengkol semur, jengkol rendang, krupuk jengkol, lumpia jengkol, cireng jengkol, bakso jengkol, liwet jengkol, nasi bakar jengkol, jengkol pepes dan lainnya.

Pihaknya mengaku telah menyiapkan sedikitnya 150 kilogram jengkol untuk diproduksi menjadi beraneka macam menu makanan yang akan diolah oleh para peserta dari kegiatan yang akan berlangsung di Bekasi Trade Center Mall Jalan Joyomarto, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada 23-25 Maret 2018.

(Baca Juga: Selain Bau Mulut, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Jengkol!)
(Baca Juga: Selain Bau Mulut, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Jengkol!)

"Kalau dari pengalaman acara serupa di Bogor, Jawa Barat, kami menghabiskan sekitar 150 kilogram jengkol. Kemungkinan di Kota Bekasi tahun ini akan bertambah jumlahnya karena varian makanannya juga bertambah," katanya.

Dikatakan Kamila, acara tahun 2018 ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan setelah di Kota Bogor sukses menyedot animo pengunjung hingga 1.000 orang per hari selama tiga hari pelaksanaan. "Karena selain bazar kuliner jengkol, ada juga lomba masak dan Pemilihan Raja Jengkol Bekasi," katanya.

(Baca Juga: 5 Aktris Wanita Kenakan Gaun Nyaris Bugil di Academy Awards dari Tahun ke Tahun)

Festival itu juga akan dirangkai dengan bazar multiproduk, seminar kesehatan, seminar wirausaha, demo masak olahan jengkol bersama Babeh Cook dan panggung hiburan. "Acara ini mengusung tema Festival Jengkol Indonesia, dari jengkol untuk kejayaan makanan Indonesia," katanya.

(Baca Juga: Doyan Jengkol? Simak Dulu Tips Makannya)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini