Share

7 Tempat Wisata Unggulan Pandeglang, dari Pantai hingga Habitat Hewan Langka

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 406 1869194 7-tempat-wisata-unggulan-pandeglang-dari-pantai-hingga-habitat-hewan-langka-w5HKn4GeEY.jpg Ilustrasi. Populasi badak langka terancam semakin berkurang akibat banjir (Foto: Reuters)

PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada 2018 memprogramkan untuk menata objek wisata Situ Cikeudal yang merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Situ Cikeudal merupakan salah satu objek wisata kita, selama ini belum ditata secara rapih," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Rabu (7/3/2018).

Setelah ditata, ia menyatakan optimis akan semakin banyak wisatawan yang datang ke objek wisata tersebut. Ia menyatakan, telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait penataan Situ Cikeudal yang berlokasi di Kecamatan Cikeudal tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Iwan menyatakan pembangunan Situ Cikeudal selain menggunakan dana dari APBD Kabupaten Pandeglang, bantuan keuangan Provinsi Banten dan dana tanggung jawab sosial perusahaan (coorporate social responsibility--CSR).

Dinas Pariwisata telah melakukan berbagai langkah terkait pembangunan situ itu, di antaranya berkoordinasi dengan Kementerian Pererjaan Umum dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Banten terkait izin penggunaan dan pengelolaan Situ Cikeudal.

Pengembangan pariwisata merupakan unggulan pembangunan ekonomi pemerintah Kabupaten Pandeglang, selain pertanian. Di Kabupaten Padeglang terdapat tujuh kawasan wisata, yakni Gunung Karang, kawasan Carita, Laba, Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

(Baca Juga: Menjamah Mata Air Prasejarah di Banten yang Terpencil)

Di kawasan Gunung Karang selain terdapat panorama alam yang masih alami juga ada objek wisata Cikoromoy yang merupakan pemandian dengan mata air dari gunung. Kemudian, di kawasan Gunung Karang juga terdapat pemandian air panas Cisolong serta pemandian dan situs Cihunjuran.

Di kawasan Carita, terdapat objek wisata Pantai Carita yang telah terkenal hingga mancanegara serta objek wisata religius Penziarahan Caringin.

(Baca Juga: Ada Destinasi Wisata Baru di Banten)

Sedangkan di kawasan Laba, terdapat objek wisata Pantai Laba, dan Tanjung Lesung ada Pantai Tanjung Lesung saat ini telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat.

Kawasan Cikeudal, terdapat Situ Cikeudal, di kawasan Ujung Kulon terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa dan menjadi habitat badak jawa atau badak bercula satu yang merupakan salah satu satwa langka dilindungi undang-undang.

(Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Curug dan Kawah Gunung Pulosari Pandeglang)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini