Share

Mengenal Rockmelon, Melon Australia yang Disebut Penyebar Bakteri Listeria

Tiara Amalina, Okezone · Kamis 08 Maret 2018 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 298 1869673 mengenal-rockmelon-melon-australia-yang-disebut-penyebar-bakteri-listeria-SD3BQ1iOGw.jpg Rockmelon melon Australia penyebar bakteri listeria (Foto:Mygym)
A A A

BELAKANGAN di Tanah Air sedang ramai diberitakan wabah listeria yang mematikan yang berasal dari buah rockmelon asal Australia yang terinfeksi bakteri listeria. Listeria monocytogenes adalah spesies bakteri patogen yang menyebabkan infeksi listeriosis. Ini adalah bakteri anaerobik fakultatif , yang mampu bertahan dilingkungan tanpa atau dengan oksigen.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang terinfeksi bakteri tersebut, akan menimbulkan beberapa akibat, seperti meningitis dan pneumonia . Pada wanita hamil, dapat menyebabkan aborsi spontan (pada trimester kedua sampai ketiga) ataupun bayi lahir mati.

BACA JUGA:

Selesai Makan Siang, Hadiahi Anak dengan Crepes Rasa Cokelat untuk Penutup

Sebelum diketahui mengandung bakteri listeria, seperti buah lainnya, rockmelon merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Rockmelon mentah mengandung sebanyak 90% air, 8% karbohidrat , 0,8% protein dan 0,3% lemak. Rockmelon segar juga kaya akan sumber vitamin C dan A. Buah ini biasanya dimakan dalam keadaan segar, dibuat salad, atau sebagai makanan penutup dengan es krim atau custard.

Jika ingin dikonsumsi segar, Anda harus mencuci dan menggosok melon secara menyeluruh sebelum dipotong dan konsumsi, karena permukaan melon dapat mengandung bakteri berbahaya khususnya, Salmonella. Buah harus didinginkan setelah dipotong dan dikonsumsi dalam waktu kurang dari tiga hari untuk mencegah risiko Salmonella atau bakteri patogen lainnya.

(Ig/mimcuisine)

BACA JUGA:

Sumber Wabah Listeria yang Tewaskan 180 Orang di Afrika Selatan Akhirnya Ditemukan

Buah ini pertama kali disebutkan dalam literatur Inggris pada tahun 1739, kemudian diperkenalkan ke Eropa, dan sekitar tahun 1890 buah ini menjadi tanaman komersial di Amerika Serikat. Sebenarnya, rockmelon mempunyai banyak nama, diantaranya Cantaloupe (Prancis), muskmelon (India dan Amerika Serikat), spanspek (Afrika Selatan), ada juga beberapa negara yang menyebutnya mushmelon ataupun sweet melon. Sementara nama rockmelon dikenal pada beberapa negara di Australia dan New Zealand.

Selain memiliki nama yang berbeda, melon ini juga mempunyai beberapa jenis. Yang pertama yaitu rockmelon Eropa, biasanya berusuk tipis dengan daging manis dan beraroma, kulitnya yang berwarna abu-abu terlihat sangat berbeda dari rockmelon jenis Amerika Utara.

Kemudian, ada jenis rockmelon Amerika Utara, yang umum ditemukan di Amerika Serikat, Meksiko, dan beberapa bagian Kanada. Sebenarnya melon ini merupakan varietas melon yang berbeda dan memiliki kulit luar seperti jaring, dengan daging buah yang tebal, berwarna oranye dan rasanya manis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini