Share

Bakteri Listeria pada Melon Australia Picu Infeksi Otak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 14:35 WIB
$detail['images_title']
Rock melon (Foto: Dnaindia)

MELON dari Australia terbukti mengandung listeria yang menyebabkan infeksi pencernaan berat. Bahkan, di New South Wales, tiga orang meninggal dunia akibat makan buah ini.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. M. Subuh, MPPM, menjelaskan, bakteri Listeria monocytogene diklasifikasikan sebagai bakteri gram-positif. Sementara itu, 1-10% manusia mungkin memiliki listeria ini di dalam ususnya.

 BACA JUGA:

Berdampak Fatal, Ibu Hamil Patut Mewaspadai Penularan Bakteri Listeria dari Rock Melon

Bakteri ini menyebar luas di lingkungan dan mudah ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi. Termasuk salah satunya melon yang memicu penularan listeria yang membahayakan.

"Listeria mudah berkembang biak, termasuk pada makanan yang disimpan di lemari pendingin. Bakteri ini membentuk biofilm, yakni terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan," terang Subuh lewat keterangannya, dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Kamis (8/3/2018).

Mengenal lebih lanjut, listeria monocytogenes merupakan suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius. Penyebarannya mudah dialami oleh orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Subuh menambahkan, orang sehat juga dapat terinfeksi bakteri listeria. Kalau terpapar bakteri ini, orang akan mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare. Gejalanya muncul antara 3-70 hari setelah terpapar bakteri. Penyakitnya disebut dengan istilah listeriosis.

"Bakteri listeria dapat menyerang sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan meningitis atau infeksi otak," imbuh Subuh.

 BACA JUGA:

Mengenal Rockmelon, Melon Australia yang Disebut Penyebar Bakteri Listeria

Sumber penularannya, paling sering dari makanan mentah, seperti buah dan sayuran. Juga, bagi orang yang menyukai produk susu, seperti keju, susu, krim dan penyuka makan daging, juga rentan menderita penyakit sistem pencernaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)