Share

Hari Musik Nasional, Ini 5 Band Indie yang Sering Manggung di Luar Negeri

Vania Ika Aldida, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 205 1870241 hari-musik-nasional-ini-5-band-indie-yang-sering-manggung-di-luar-negeri-nf1jF5ZKii.jpg Burgerkill saat di JogjaROCKarta 2017 (Foto: Ist)
A A A

JAKARTA - Perkembangan musik Indonesia bisa dibilang cukup menarik perhatian di kancah internasional. Munculnya banyak band baru dengan genre berbeda, jelas menambah kesan asyik untuk didengar para penikmat musik tanah air.

Tidak hanya dibesarkan oleh label, beberapa band Indonesia bahkan terbentuk secara bebas dan mandiri atau biasa disebut dengan indie. Namun tidak berarti band indie tak bisa berkembang didunia musik, justru ada beberapa band asal Indonesia yang sangat terkenal dan langganan untuk manggung di luar negeri.

Berikut Okezone merangkum lima band indie asal Indonesia yang sering manggung di luar negeri :

(Baca Juga: Punya Bukti Kuat, Kriss Hatta Bakal Permalukan Hilda Vitria & Billy Syahputra)

(Baca Juga: Main Bersama Cucu, Permintaan Ayahanda Enda Sebelum Meninggal)

1. Navicula

Didirikan 1996 di Bali, band psychedelic-grunde ini mendapatkan perhatian besar di kancah internasional. Band yang terdiri dari empat personel, Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass), Gembul (drum), ini diketahui selalu mengangkat isu-isu lingkungan dan sosial, dalam setiap lagunya.

Meski sempat dikontrak oleh major label Sony-BMG pada 2004, dan merilis album berjudul Alkemis, Robi cs akhirnya memutuskan untuk kembali memilih jalur musik indie di 2007 lewat album ke kelima yang bertajuk Beautiful Rebel.

Band ini diketahui mendapat perhatian khusus dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

2. Burgerkill

Band asal Bandung, Jawa Barat, Burgerkill, dibentuk pada 1995. Beranggotakan lima personel, Vicky, Ebenz, Agung, Ramdan, dan Putra, band beraliran metalcore ini memiliki fans yang terhitung cukup banyak dan militan, sehingga band ini bisa dianggap paling sukses dan berpengaruh di Indonesia hingga saat ini.

Beberapa pertunjukan di kancah internasional seperti Singapura, Malaysia, hingga Australia sudah pernah disambangi Vicky cs. Bahkan mereka juga sempat meraih beberapa penghargaan bergengsi didunia, termasuk di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Bottlesmoker

Bottlesmoker merupakan duo musisi elektronik, Angkuy dan Nobie, yang menggunakan beberapa alat-alat unik untuk menciptakan lagu dan memodifikasi sendiri instrumen musik mereka. Sebut saja glockenspiel, hand bell, melodica, bahkan mainan seperti telefon mainan, radio, hingga nintendo.

Terdiri dari dua personel, Bottlesmoker hadir dengan album perdana bertajuk "Before Circus Over" di 2006 dan dirilis di bawah naungan Netlabel: Neovinyl Records asal Spanyol. Usai berada dalam naungan label asal Spanyol, Bottlesmoker juga sempat bekerjasama dengan sebuah label di Amerika Serikat.

4. The S.I.G.I.T

Grup band yang digawangi oleh Rekti, Adit, Acil, dan Farri, ini dibentuk pada 1997 saat keempat personilnya masih duduk dibangku sekolah. Di 2002, nama The S.I.G.I.T baru mulai digunakan, dan pada 2004 band ini merilis album perdananya bertajuk EP.

Di 2007 sebuah label asal Australia, Caveman, tertarik untuk memproduksi album bertajuk "Visible Idea of Perfection". Bahkan untuk mendukung promo album, mereka menggelar tur selama satu bulan di sembilan kota dan 16 panggung berbeda.

Tak hanya sampai disitu, beberapa festival musik internasional juga sempat mereka jajal. Sebut saja South by Sothwest (SXSW) di Texas, dilanjut dengan penampilan mereka diberbagai kota di Amerika Serikat, eperti Los Angeles, hingga San Fransisco.

5. The Trees and The Wild

Dibentuk di Bekasi, Jawa Barat, grup band post rock Indonesia bernama The Trees and The Wild berhasil di lirik oleh pecinta musik Internasional. Perpaduan musik ambient, postbrock, folk, dan juga pop, berhasil membuat para pendengar terbuai dengan alunan musik dari pemilik single Honeymoon on Ice ini.

Pada 2012 lalu, grup yang digawangi oleh Remedy Waloni, Andra Kurniawan, Charita Utami, Hertri Nur Pamungkas, dan Tyo Prasetya ini berhasil menjalani tur di Eropa. Bahkan mereka juga ikut tampil dalam festival musik Reeperbahn di Jerman, festival Monsters of Pop di Finlandia, dan beberapa negara lain.

Sempat mengalami pergantian personel, yang pada awalnya hanya terdiri dari tiga personel, dan kini menjadi lima personel, grup ini nampak terus bisa berkarya tanpa batas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini