Share

Sebelum Wafat, Ayahanda Enda 'Ungu' Mengeluh Sakit Perut

Vania Ika Aldida, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 33 1870203 sebelum-wafat-ayahanda-enda-ungu-mengeluh-sakit-perut-YxYuRcMDB4.jpg Enda Ungu (Foto: Instagram)
A A A

JAKARTA - Kabar duka datang dari gitaris grup band Ungu, Franco Wellyjat Medjaya Kusumah, atau Enda. Ayahandanya, Medjaja S Kusuma, diketahui menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis 8 Maret 2018 sekitar pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, sang ayah yang terbang dari Manado ke Jakarta berniat untuk menjenguk cucu-cucunya. Namun setelah dua hari berada di kediaman Enda, sang ayah nampak mengeluh sakit perut dan tak sadarkan diri, sehingga ia langsung dilarikan ke ICU.

(Baca Juga: Semakin Geram, Ashanty Sindir Millendaru Lewat Kalimat Pedas)

(Baca Juga: Peringati Hari Musik Nasional, Tika Panggabean Berharap Karya Musisi Makin Dihargai)

"Bapak sehat-sehat, kan selama ini bapak tinggal di Manado, dia kesini mau ketemu cucu-cucunya. Dia datang sehat, dia main sama anakku, Zara, dan tiba-tiba dua hari disini beliau ngeluh sakit perut," ungkap Enda yang ditemui di Rumah Duka kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat (9/3/2018).

"Dibawalah ke rumah sakit subuh kemarin. Dan enggak sadar, dan tiba-tiba aku ambil keputusan di ICU, dan Allah berkehendak lain," sambungnya.

Tidak memiliki riwayat sakit, kepergian kakek dari artis cilik Zara Leola ini juga bisa dibilang cukup mendadak. Pasalnya setelah melakukan cek, penyakit diabetes dan jantung yang diidapnya nampak normal dan bukan menjadi penyebab dari wafatnya ayahanda Enda.

"Enggak ada (sakit). Bapak kan punya riwayat diabet, pas di Rumah Sakit, ini paling diabetnya kambuh. Pas di cek normal, jantung semua normal," paparnya.

Enda menyatakan bahwa dirinya sempat memiliki firasat sesaat sebelum ayahnya menghembuskan nafas terakhir. Bahkan ia mengaku sempat melihat indikator jantung sang ayah yang mulai melemah, hingga akhirnya mengikhlaskan kepergian pria berusia 65 tahun tersebut.

"Firasat nya itu berasa pas malam, 'Pap Enda balik dulu ya, pamit dulu. Kan yang jagain papi Enda nanti. Sebelum pulang papi enggak boleh kemana-kemana ya, tungguin Enda', dan bapak sudah enggak bisa ngobrol ya," paparnya.

"Pas balik lagi indikator jantungnya lemah. Dokter sudah usahakan dengan segala cara, tapi aku suah enggak tega. Aku kasian lihat papa digituin ya," tandasnya.

Rencananya jenazah Medjaja S Kusuma akan dimakamkan usai melakukan Sholat Jumat. Enda dan keluarga pun diketahui akan memakamkan sang ayah di TPU Kemiri, Jalan Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini