Share

Hanya untuk yang Senang Telanjang, Ini Olimpiade Khusus Kaum Nudis

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 10 406 1870599 hanya-untuk-yang-senang-telanjang-ini-olimpiade-khusus-kaum-nudis-xWsRhUFE45.jpg Olimpiade untuk Kaum Nudis di Australia (Foto: Theadvertiser)

 TIDAK salah rasanya bila olimpiade dikatakan sebagai ajang unjuk gigi semua negara yang ikut berpartisipasi. Masing-masing perwakilan negara tentu akan berusaha mengeluarkan kemampuannya semaksimal mungkin di cabang olahraga yang diikutinya demi mendapatkan medali dan mengharumkan negaranya. Tetapi tampaknya ada sebuah olimpiade yang tidak membutuhkan usaha keras.

Olimpiade tersebut adalah olimpiade untuk kaum nudis. Di olimpiade ini terdapat beberapa cabang olahraga yang ditandingkan namun pesertanya bukanlah atlet profesional, melainkan orang-orang yang senang tidak berpakaian alias telanjang. Melansir Forbes, Sabtu (10/3/2018), olimpiade ini sebenarnya sudah ada sejak masa Yunani kuno.

Di masa itu terdapat hubungan antara ketelanjangan dengan atletik. Masyarakat Yunani kuno pada awalnya hanya mengenakan celana dalam untuk bertanding. Kemudian seorang pelari bernama Orsippus dari kota Megara memutuskan untuk mengikuti pertandingan lari dengan telanjang. Lama-kelamaan, hal tersebut menjadi tradisi untuk kompetisi atletik.

Pada kompetisi tersebut, keindahan tubuh telanjang pria Yunani ditampilkan. Para atlet sering menunjukkan badan idealnya sehingga menginspirasi seniman untuk membuat patungnya. Bagi para seniman, tubuh atletis pria tersebut merupakan simbol peradaban Yunani, superioritas, dan kontrol tinggi. Sebab tubuh tersebut dibentuk dengan cara disiplin.

Seiring berjalannya waktu, olimpiade telanjang tersebut terus dilestarikan. Bahkan beberapa negara ikut menyelenggarakannya dengan cara masing-masing. Berikut contoh-contoh olimpiade nudis yang digelar di sejumlah negara :

Australia

Olimpiade ini dilaksanakan setiap tahun di Pantai Maslin, Adelaide yang merupakan pantai nudist legal pertama di Australia. Adapun olahraga yang ditandingkan adalah tarik tambang, balap karung, melempar frisbee, dan lomba lari dengan kaki diikat pada pasangan. Biasanya pada saat olimpiade berlangsung pengunjung yang datang bukan hanya kaum nudis saja, melainkan juga wisatawan lain yang penasaran.

Amerika Serikat

Di 2014 lalu, seorang aktivis nudis di Amerika Serikat bernama Gypsy Taub menggelar pertandingan khusus untuk kaumnya di Pantai Baker, San Fransisco. Adapun cabang olahraga yang dilombakan antara lain sumo, lempar lembing, dan lari kepiting sejauh 50 meter.

Brasil

Dua tahun lalu, tepatnya 2016 digelar olimpiade telanjang di Rio de Janeiro, Brasil. Olimpiade yang mempertandingkan olahraga sepak bola, voli, berenang, lari, dan jalan cepat itu diadakan di Pantai Abrico, Grumari yang notabene memang pantai untuk kaum nudis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini