Share

Sontek Cara Orang Jepang agar Bersemangat di Pagi Hari

Tiara Putri, Okezone · Minggu 11 Maret 2018 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 11 196 1870952 sontek-cara-orang-jepang-agar-bersemangat-di-pagi-hari-ItOls11O20.jpg Konsep orang jepang bersemangat di pagi hari (Foto:Livejapan)
A A A

BANGUN pagi mungkin menjadi sesuatu hal yang sulit dilakukan bagi banyak orang. Walaupun sudah memasang alarm, mereka lebih memilih menekan tombol tunda agar bisa melanjutkan tidurnya. Akan tetapi, masih ada orang yang rutin bangun pagi bahkan dengan penuh semangat dan masyarakat Jepang termasuk di dalamnya.

Mereka memiliki konsep "ikigai" yang memungkinkan untuk bangun pagi dengan perasaan segar dan penuh semangat. Ikigai adalah sebuah konsep dimana seseorang memiliki alasan untuk bangun di pagi hari dan dapat diartikan sebagai tujuan hidup. Konsep ini berkembang di antara penduduk pulau Okinawa di Jepang. Mereka dikenal dengan penduduknya yang berumur panjang.

Ikigai dipercaya bisa mengisi kehidupan dan umur panjang. Aspek utama dalam konsep ini adalah seseorang untuk menerima dirinya sendiri sejak kecil, terhubung dengan orang lain di planet ini, menemukan kegembiraan dari hal-hal kecil. Bila Anda tertarik dengan konsep ini, bisa jadi Anda semangat untuk bangun pagi.

 BACA JUGA:

Perilaku Nudisme Tidak Terkait Gangguan Jiwa

Melansir Independent, Minggu  (11/3/2018), berikut beberapa hal sederhana dalam konsep ikigai yang bisa dicoba untuk meningkatkan energi dan menambah semangat di pagi hari:

Olahraga

Mungkin ini terdengar klise, namun nyatanya olahraga dapat menambah semangat. Carilah aktivitas fisik kesukaan Anda yang bisa dinikmati sehingga mendorong diri Anda untuk bangun. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain berjalan-jalan di sekitar rumah, melakukan yoga di ruang tamu, menari sambil sarapan, atau hal lainnya. Melakukannya selama lima menit dapat menaikkan suasana hati.

Sarapan pagi

Mengisi perut dengan makanan adalah salah satu unsur penting untuk membuat seseorang bersemangat di pagi hari. Pilihlah makanan yang Anda sukai sehingga menumbuhkan perasaan senang. Perhatikan juga cara pembuatannya apakah memungkinkan jika ingin memasaknya sendiri. Jangan sampai makanan tersebut malah membuat Anda terburu-buru untuk memulai hari.

 BACA JUGA:

Alasan Nudis atau Naturis Dilakukan Banyak Orang

Berinteraksi dengan orang lain

Gagasan untuk bertemu dengan seorang teman di pagi hari bisa sangat bermanfaat. Interaksi sosial memungkinkan Anda terhindar dari perasaan tertekan. Orang yang langsung bekerja sehabis bangun tidur, menghabiskan delapan atau sembilan jam di meja kerja, dan kemudian pulang ke rumah pada malam hari biasanya memiliki waktu yang sedikit untuk bersosialisasi sehingga tidak bisa berbagi cerita dan menyebabkan stres.

Maka dari itu, temukanlah seseorang yang bisa melakukan keajaiban untuk mengubah suasana hati hanya dengan bertemu. Bila Anda tidak memiliki waktu untuk bertemu langsung, cara lain yang bisa dipilih adalah mengirim pesan atau video call.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini