Share

7 Manfaat Super Akar Licorice bagi Tubuh, Cegah Kanker Salah Satunya

Tiara Amalina, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 14:15 WIB
$detail['images_title']
Akar licorice dan khasiatnya untuk tubuh (Foto:Boldksy)

 

AKAR  licorice juga biasa dikenal dengan nama akar manis. Hal itu karena licorice mengandung senyawa yang membuatnya 50 kali lebih manis dari pada gula. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Akarnya mempunyai sifat antiinflamasi, ekspektoran dan beberapa nutrisi lainnya.

Melansir dari Boldsky, Minggu (11/03/2018) berikut merupakan manfaat akar licorice yang dapat mencegah berbagai macam penyakit dan membuat tubuh Anda lebih sehat.

BACA JUGA:

Kebutaan Akibat Infeksi Kornea dapat Disembuhkan dengan Transplantasi Kornea

1. Meningkatkan kesehatan lambung

Jika Anda menderita asam lambung, mengonsumsi akar licorice akan sangat membantu. Itu akan meningkatkan produksi yang akan melindungi lapisan lambung dari asam berlebih. Akar licorice juga dapat mengobati sakit maag, dan tukak lambung.

 

2. Mencegah kanker

Akar licorice dapat melindungi dari kerusakan DNA karsinogenik. Sesuai studi yang dicatat, kandungan polifenol pada tumbuhan ini dapat mematikan pertumbuhan sel kanker. Penelitian juga mengatakan bahwa akar licorice dapat bekerja lebih baik daripada kemoterapi dalam membunuh sel kanker.

 

 

3. Meningkatkan kesehatan hati

Sifat antiinflamasi pada akar licorice memiliki kemampuan untuk melindungi hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa akar licorice juga dapat membantu meringankan penyakit hati berlemak non-alkohol.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Melawan peradangan

Akar licorice efektif dalam mengobati radang saluran pencernaan. Enzim yang terkandung dalam tumbuhan ini juga berguna untuk menghentikan peradangan jaringan di tubuh. Studi telah menyatakan bahwa, akar licorice juga dapat melindungi seseorang dari peradangan kronis dan arthritis (radang sendi).

5. Mencegah diabetes

Molekul yang terkandung pada akar licorice memiliki sifat anti-diabetes. Maka dari itu, licorice dianggap sangat efektif untuk para penderita diabetes, sehingga, penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Hal ini juga sangat bagus untuk Anda yang sedang berusaha menerapkan hidup sehat agar tidak terkena penyakit tersebut.

 BACA JUGA:

Tampil Percaya Diri 'Bugil 'Depan Pasangan saat Mulai Bercinta

 

6. Meningkatkan kesehatan otak

Akar licorice diketahui dapat mengurangi stres dan memperlambat penuaan otak. Mengonsumsi teh tumbuhan ini akan membuat otak Anda tetap tajam. Ini juga dapat mencegah penyakit Alzheimer serta penyakit lain yang dapat menyerang otak.

 

7. Baik untuk kesehatan mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa akar licorice dapat mengurangi risiko terkena karies dan penyakit gusi. Hal ini akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies. Akar licorice akan menyegarkan nafas Anda dan mencegah kerusakan gigi.

1
2