Share

Ramai soal Burung Murai Batu, Apa Kelebihan Burung yang Ingin Dibeli Presiden Jokowi?

Pradita Ananda, Okezone · Senin 12 Maret 2018 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 12 196 1871459 ramai-soal-burung-murai-batu-apa-kelebihan-burung-yang-ingin-dibeli-presiden-jokowi-sW5Q5TYsSj.jpg Burung Murai Batu (Foto: Youtube)
A A A

NAMA burung murai batu, sekarang-sekarang ini sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak umum.

Di mana hal ini disebabkan, kurang lebih karena kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ramai diberitakan berniat membeli burung pemenang lamba kicau kelas Burung Muray Batu yang mengikuti lomba Piala Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor, Minggu (11/3/2018). Namun sayangnya, kala itu niat Presiden Jokowi yang ingin membeli burung murai batu yang menjadi juara dari perlombaan tersebut ditolak sang pemilik burung.

Lalu sebenarnya apa sih kelebihan dari burung murai batu yang menjadi juara dari perlombaan lomba kicau kelas Burung piala Presiden kemarin sampai-sampai seorang Presiden Jokowi pun menjadi tertarik untuk membeli burung tersebut?

Well, burung murai batu sendiri diketahui merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat diminati oleh para pecinta burung kicau seantero indonesia. Salah satu jenis burung murai batu yang dikatakan paling terkenal di Tanah Air adalah burung murai batu Nias yang terdapat dua jenis, murai batu ekor putih dan murai batu ekor hitam.

Dirangkum Okezone, Senin (12/3/2018) dari berbagai sumber, kelebihan burung murai batu Nias ini yang pertama adalah pastinya pertama soal suara. Burung murai batu Nias ini disebutkan memiliki suara yang merdu sekaligus kencang dan banyak variasi nadanya. Sedangkan dari segi soal tampilan fisik, burung murai batu Nias ini hadir dengan bentuk ekor yang bisa memanjang ke bawah mencapai dua puluh hingga tiga puluh sentimeter.

Soal kepintaran berkicau, burung murai batu Nias diketahui andal menirukan bunyi-bunyi kicau suara yang ada di sekitarnya, seperti meniru suara air terjun hingga suara binatang loh! Wah pantas saja burung ini jadi favorit dan incaran banyak pecinta burung di Indonesia ya!

Lalu kemudian ada lagi burung murai batu asal Borneo alias Kalimantan. Berbeda dengan murai batu Nias yang hadir dua jenis, murai batu Borneo terbagi ke dalam tiga sub spesies atau ras yakni ras Palangka, ras Banjar dan ras Mahkota. Di mana kesemuanya ini berasal dari tiga daerah yang berbeda di Kalimantan.

Untuk kelebihan suara, secara umum murai batu Borneo memiliki suara yang bagus dan karakter suara kicauan yang tidak mengkristal. Sedangkan dari sisi fisik, walaupun dari segi panjang ekor murai batu Borneo ini lebih pendek namun ia memiliki ujung melebar pada ekornya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini