Share

Dapat Perlakuan Diskriminatif, Kartika Putri Makin Tertantang Gunakan Cadar

Hana Futari, Okezone · Selasa 13 Maret 2018 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 13 33 1872047 dapat-perlakukan-diskriminatif-kartika-putri-makin-tertantang-gunakan-cadar-94CFgmuGpx.jpg Kartika Putri (Foto: Instagram)
A A A

JAKARTA - Kejadian kurang menyenangkan tengah dialami artis cantik Kartika Putri. Ia merasa telah diintimidasi oleh pihak bandara lantaran menggunakan cadar. Akan tetapi, kejadian buruk ini membuatnya semakin tertantang untuk menggunakan niqab di tempat umum lainnya.

Dalam suatu unggahan di akun instagram pribadi miliknya @kartikaputriworld ia membagikan sebuah cerita kurang mengenakkan. Dalam unggahan tersebut terlihat potret dirinya tengah mengenakan cadar yang menutupi sebagian besar wajahnya. Pada foto tersebut, ia menuliskan caption yang cukup panjang. Melalui itu juga ia menceritakan mengenai kejadian kurang mengenakan tersebut.

(Baca Juga: Jeremy Renner Jelaskan Absennya Hawkeye di Sampul Majalah)

(Baca Juga: Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata Pamer Kebersamaan di Papua)

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Pengalaman aku hari Ini sangat berharga untuk aku dan mungkin kita semua.. Jadi hari Ini aku dpt kirim an endorse  yaitu berupa syari dan niqab.. setelah foto aku buru karena pagi Ini aku harus ke bandara dan pakai taxi online (krn tdk ada yang bisa antar) jadi aku pake deh niqabnya biar nyaman dan aman aja.. smp dibandara aku tetap pake karena nyaman aja tp Sedih dan miris sekali karena sampai dibandara saya masuk di security check (Lolos karena tidak ada bunyi) tp koper saya diperiksa secara random ( FYI: sy selalu bawa koper kecil yang kosong untuk bawa buku saja) lalu sy bertanya knp random cuma sy pdhl koper saya kosong.. saya bilang apa krna saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka cuma bilang random aja.. dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak “nice”😭 dan tidak sampai disitu.. dipemeriksaan ke dua terjadi hal yang sama bahkan di diperiksa tubuhnya(oleh petugas wanita memang) pdhl sy lolos sensor 😭😭 lagi dan lagi koper dan mereka meminta boarding pass pdhl sudah diperiksa 1x didepan😭😭 yaAllah mengapa aku merasa di “intimidasi” dengan niqab ini.. apa salah nya jika muslimah menggunakan niqab.. demiallah memang lebih nyaman (tdk menjadi pusat perhatian laki laki) dan merasa aman.. tp kenapa disini yang notabennya kebnykan orang muslim tp tdk bisa berlaku adil dan menerima dgn baik kepada muslimah yg menggunakan niqab.. Saya Jadi makin tertantang tuk menggunakan niqab ditempat umum lainnya tuk lbh tau bgmn reaksi sekeliling.. hmm Ingat ya kami muslimah yang menggunakan niqab juga mempunyai hati dan perasaan jd perlalukan lah sbgmn mestinya..🙏🏻🙏🏻 tnp di intimidasi.. 😭😭😭 Masih syock dan sedih😭😭😭

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on Mar 12, 2018 at 9:15pm PDT


Ia mengatakan bahwa pihak bandara seperti mengintimidasi dirinya hanya lantaran ia mengenakan cadar. Oleh petugas bandara, koper milik Kartika diperiksa secara random, padahal koper tersebut telah lolos security check. Tak cukup sampai di situ, pada pemeriksaan kedua terjadi kejadian yang sama. Bahkan menurutnya, tubuhnya ikut diperiksa oleh seorang petugas wanita, padahal dirinya lolos sensor. Kemudian pihak bandara meminta boarding pass.

Kejadian yang membuatnya sedih ini menjadikan dirinya semakin tertantang untuk mengenakan cadar di tempat umum lainnya. Hal ini ingin ia lakukan untuk melihat respons dari orang-orang yang berada di sekitarnya. Kartika juga mengatakan bahwa dirinya merasa lebih nyaman mengenakan niqab karena membuat dirinya tidak menjadi pusat perhatian laki-laki. Namun ia sangat menyayangkan perlakuan orang-orang yang tidak adil terhadap muslimah yang mengenakan cadar. Mengingat di Indonesia sendiri merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Saya Jadi makin tertantang tuk menggunakan niqab ditempat umum lainnya tuk lbh tau bgmn reaksi sekeliling.. hmm Ingat ya kami muslimah yang menggunakan niqab juga mempunyai hati dan perasaan jd perlalukan lah sbgmn mestinya..🙏🏻🙏🏻 tnp di intimidasi.. 😭😭😭 Masih syock dan sedih😭😭😭,” tulis Kartika.

Kartika Putri sendiri memantapkan diri untuk berhijab sejak Februari 2018. Menurut artis yang dikenal dengan aksen Jawa yang kental ini, keinginan berhijab sudah sangat lama ada di benaknya, namun saat itu dirinya belum merasa benar-benar yakin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini