Share

Sebagian Puskemas di Bangka Belitung Sudah "Santun" Terhadap Lansia

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 11:17 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (shutterstock)

BANGKA BELITUNG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 2017 membentuk 34 unit Puskesmas Santun Lansia (PSL) sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat lanjut usia di daerah itu.

"Kita terus mendorong seluruh puskesmas menerapkan PSL, agar masyarakat lanjut usia mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel Mulyono Susanto di Pangkalpinang, Selasa (13/3/2018).

Dia menjelaskan, PSL ini merupakan puskesmas yang melaksanakan pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kepada masyarakat lanjut usia, sehingga mereka mudah mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas.

"Saat ini baru 34 dari jumlah total puskesmas sebanyak 62 unit menerapkan PSL dan ditargetkan tahun ini seluruh layanan kesehatan masyarakat sudah menerapkan PSL," katanya.

Mulyono mengatakan, untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada lansia, pemerintah provinsi terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan. Petugas kesehatan harus ramah, sopan dan mudah senyum kepada lansia.

Selain itu meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan di puskesmas, misalnya kursi roda, menyiapkan jalan atau pegangan khusus untuk memudahkan lansia berjalan, obat-obatan dan lainnya.

"Setiap puskesmas harus menyediakan pegangan khusus untuk memudahkan lansia saat berjalan ke ruang perawatan," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya PSL ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan lansia di daerah ini. Mereka tidak lagi menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di pusat-pusat layanan kesehatan," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)