Share

Mengenal Buti Yoga, Jenis Yoga Baru yang Buat Anda Lebih Banyak Bergerak

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 14:30 WIB
$detail['images_title']
Buti yoga (Foto: Novo Fitness Studio)

OLAHRAGA yoga beberapa waktu belakangan mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Gerakannya yang lebih tenang dan mirip dengan meditasi menjadi salah satu alasan olahraga tersebut diminati. Pasalnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga tersebut antara lain melatih pernapasan, membakar kalori yang terhitung banyak, dan membantu menenangkan pikiran.

Tapi siapa bilang bila yoga tak membutuhkan banyak gerakan? Beberapa tahun lalu, seorang pelatih pribadi bernama Bizzie Gold menciptakan jenis yoga baru yang melibatkan beberapa variasi gerakan dan dikenal dengan istilah Buti Yoga. Olahraga ini mengombinasikan gerakan yoga tradisional, tarian kesukuan, dan latihan melompat yang sangat menguntungkan untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Yoga jenis ini bisa dikategorikan intensitas tinggi dimana untuk melakukannya disertai dengan irama musik yang cepat. Buti Yoga menggunakan teknik struktur spiral yaitu teknik penguatan pada tangan yang juga mengaktifkan semua area di otot perut dengan menggunakan gerakan spiral. Berdasarkan data, melakukan yoga ini selama 75 menit dapat membakar 800-1.000 kalori.

Latihan dinamis ini juga dirancang untuk menyejahterakan mental orang-orang yang melakukannya. Sekadar informasi, buti adalah istilah dari India Marathi yang memiliki makna obat untuk sesuatu yang rahasia. Ikut serta dalam kelas ini bisa membuat seseorang memiliki pengalaman yang sangat menyenangkan dan membebaskan.

Ya, Buti Yoga memang idealnya dilakukan di dalam sebuah kelas kebugaran. Melakukan gerakan secara bersama-sama dapat menambahkan energi. Hal ini diungkapkan oleh beberapa orang yang ambil bagian dalam kelas tersebut. "Tidak mungkin saya tidak menyukai Buti Yoga," ungkap seseorang. Sementara yang lain berkata, "Kombinasi yoga, tarian yang intens terasa sangat alami dan ringan. Setelah melakukannya saya merasa sangat santai."

Namun rasanya yoga jenis ini belum populer di kalangan masyarakat Tanah Air. Bagi Anda yang ingin mencobanya tak usah merasa khawatir, sebab banyak juga kelas kebugaran yang menjual panduan yoga dalam bentuk DVD. Atau bisa juga melihat contoh gerakannya melalui media sosial. Demikian seperti yang dilansir dari Independent, Selasa (13/3/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)