Share

Tips Dekorasi Taman Segar yang Bergaya Artistik

Agregasi Koran Sindo, Koran SI · Rabu 14 Maret 2018 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 14 196 1872816 tips-dekorasi-taman-segar-yang-bergaya-artistik-HToCGhIKhR.JPG Ilustrasi (Foto: Angieslist)
A A A

KEBERADAAN eksterior taman sangat penting dan bisa menentukan keindahan atau pun kenyamanan sebuah rumah. Melalui penataan taman yang unik dan artistik akan membuat siapa pun yang melihat akan merasakan keindahannya.

Salah satu faktor yang sangat menentukan keindahan dari sebuah taman adalah tatanan dekorasi yang unik dan artistik. Dengan penataan taman yang lebih indah akan membuat suasana taman menjadi lebih terlihat segar dan menawan.

Ada banyak jenis dan bentuk yang dapat dibuat, maupun diletakkan untuk bagian taman Anda. Dekorasi untuk taman bisa Anda buat sendiri yang bisa disesuaikan dengan tema taman, namun dalam menata tema taman yang pas Anda tidak bisa asal menggunakan furnitur atau elemen yang kurang menunjang. Karena bisa jadi merusak keindahan taman yang akan Anda jadikan untuk tempat beristirahat.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menuturkan, sebelum membuat taman tampil lebih artistik ada baiknya tentukan terlebih dahulu fungsi taman yang akan diberikan dekorasi. Apakah fungsinya sebagai taman bersantai, taman bermain, atau taman hias.

Menentukan fungsi taman juga harus disesuaikan dengan luas lahan, hal ini agar tidak membuat taman rumah Anda tidak menyesakkan. Mendekorasi tampilan taman agar terlihat lebih berseni bisa dengan cara sederhana, yaitu Anda bisa dengan menambahkan beragam warna dari tanaman bunga seperti anggrek, mawar, ataupun tanaman kembang sepatu. Dengan begitu, taman Anda akan terlihat tampak asri. sekaligus lebih natural.

“Memadu padankan jenis tanaman hias juga bisa membuat taman terlihat lebih berwarna dan menarik perhatian. Apalagi bila ditambahkan sedikit taburan batu koral yang kecil di pinggirnya,”ucap Herlin.

Selain tanaman hias yang dapat memancarkan warna-warna natural di taman, jenis tanaman rambat yang hijau dan segar juga bisa ditambahkan untuk aksen penghias di bagian tembok taman. Dengan adanya tanaman rambat, tembok taman Anda tidak terlihat sepi lagi.

“Menciptakan taman berseni atau artistik bukan hanya dari unsur tanaman hias yang berwarna seperti mawar. Tanaman hijau seperti rumput dan tanaman rambat juga bisa membuat tampilan taman lebih terlihat asri dan bernuansa,” ucap Herlin.

Menciptakan keindahan taman yang artistik tidak hanya bisa dihadirkan lewat tanaman, Anda pun bisa memberikan dekorasi lain, seperti lampu obor dari kayu yang bisa diletakkan di pinggir taman. Bila taman Anda terbilang cukup luas bisa juga ditambahkan dengan dekorasi furnitur kayu cantik atau bahkan gazebo kecil sebagai tempat bersantai kala sore di taman.

Herlin menambahkan, dengan meletakkan sebuah bangku atau kursi panjang di taman bisa memberikan nilai artistik tersendiri. Apalagi bila bangku taman tersebut dibuat sendiri. Kursi taman dari bahan bambu bisa dipilih untuk gaya taman apa pun karena bambu bisa menghadirkan kesan natural.

Selain kayu, Anda bisa membuat kursi taman yang permanen dengan menggunakan bahan material semen. Anda bisa membuat rangka besi sesuai dengan ukuran yang diinginkan, untuk penyanggahnya Anda bisa menanam di tanah yang agak dalam agar kursi permanen kuat. Kursi permanen pun bisa diberikan variasi yang unik.

Untuk tempat duduknya, Anda bisa menggunakan bambu atau papan kayu yang dapat dibentuk sesuai dengan selera Anda. Tidak hanya furnitur yang bisa Anda taruh sebagai pelengkap, hiasan alami seperti batu koral juga dapat menambah keartistikkan di bagian taman.

Ya, batu-batuan ini bisa mengubah kesan taman Anda yang awalnya terlihat monoton menjadi sebuah yang sangat nyaman untuk dinikmati. Biasanya batubatuan ini bisa dikombinasikan dengan tanaman tertentu ataupun disebar sekeliling taman.

Anda bisa menggunakan batu-batu kali yang berbentuk pipih dan halus di mana biasanya sering dipakai oleh orang desa untuk mencuci baju, atau juga bisa berupa batu kerikil yang bisa membuat taman Anda semakin berwarna dan nyaman untuk dinikmati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini