Share

Peneliti Ungkap Sandal Jenis Ini Jauh Lebih Berbahaya Ketimbang Bertelanjang Kaki

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 11:37 WIB
$detail['images_title']
Bahaya Lari Kenakan Sandal Jepit (Foto: Dailymail)

MENJADI perhatian bersama ketika Anda berlari, ada baiknya memang menggunakan alas kaki yang diperuntukan untuk berlari. Jangan kemudian Anda malah mengenakan sandal untuk berlari.

Hal ini kemudian dilakukan oleh seorang pelari wanita yang mengikuti ajang lari dunia di Mexico's Tarahumara di 2017 silam. Sekalipun dia mendapatkan predikat juara pertama dalam kategori The Ultra Trail Cerro Rojo in Puebla, ada risiko kesehatan mengantui dirinya. Sebab, perempuan berusia 22 tahun itu lari mengenakan sendal khas suku Meksiko yang terbuat dari plastik.

Bicara mengenai kasus ini, peneliti dari Harvad University mengeluarkan hasil risetnya. Salah satu poin utamanya adalah penggunaan sendal ini untuk berlari membawa dampak buruk pada otot, sendi, dan tulang. Bahkan, suku asli Meksiko yang mengenakan sendal ini pun merasakan dampak buruk ini.

Perlu Anda ketahui, sendal yang dihargai Rp 4,1 juta per pasang itu menurut penelitian terbaru hampir dua kali lipat meningkatkan stres pada tubuh dibandingkan dengan berjalan dengan kaki telanjang.

Menurut penulis utama penelitian ini, Ahli Biologi Harvard Dr Ian Wallace, persepsi bahwa sandal ini 'melindungi' Anda dari timah hitam malah memberi bobot lebih pada kaki. Hal ini mungkin memiliki konsekuensi untuk kesehatan muskuloskeletal yang mana meningkatkan risiko tarikan, ketegangan, dan bahkan nyeri punggung.

Studi ini melibatkan petani subsisten Tatiumara asal Meksiko yang biasa memakai sandal 'minim' itu dan orang Amerika yang menggunakan produk komersial.

Penelitian menemukan besaran kekuatan dan dorongan vertikal yang dihasilkan oleh 65 peserta jauh lebih tinggi daripada saat berjalan tanpa alas kaki di mana memperlambat laju pemuatan.

Dr Wallace, seorang ahli biologi evolusi manusia di universitas di Boston mengatakan bahwa perbedaan kinetis ini sebagian disebabkan oleh massa efektif seseorang yang secara signifikan lebih besar saat berjalan dengan sandal.

"Hasil kami menunjukkan bahwa pada umumnya orang menginjak lebih ringan saat berjalan tanpa alas kaki dari pada alas kaki yang minimal seperti yang satu ini," terang Dr. Wallace.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji apakah variasi dampak paling tinggi yang ditimbulkan dengan berjalan kaki tanpa alas kaki atau sendal minimalis ini memiliki konsekuensi untuk kesehatan muskuloskeletal. Namun, penelitian ini cukup menjelaskan bagaimana dampak penggunaan sandal tersebut bagi kesehatan tubuh manusia.

"Melihat efek sendal ini pada dampak paling parah adalah perbedaan yang signifikan dalam pertukaran momentum antara tubuh dan tanah, dengan berjalan di sandal yang melibatkan bagian 32 persen lebih besar dari tubuh yang berhenti pada periode dampak daripada berjalan tanpa alas kaki," tambah Dr. Wallace.

Efeknya bahkan lebih terasa di Amerika. Sehubungan dengan bertelanjang kaki, berjalan dengan sandal komersial menghasilkan tingkat dan impuls muatan pemuatan yang masing-masing 68 persen lebih lambat dan 77 persen lebih besar.

Selain itu, dampak peak magnitudes adalah 19 persen lebih tinggi pada sandal. Hal ini disebabkan oleh peningkatan 34 persen jumlah otot, sendi, dan tulang yang terhenti akibat benturan.

Menulis di jurnal Open Society Royal Society, Dr. Wallace mengatakan bahwa sandal ultra ringan dan tipis itu menjadi semakin populer di kalangan kaum urban sekarang ini. Tapi meski begitu, sedikit yang diketahui tentang perbedaan potensial dalam 'berjalannya biomekanika' saat memakainya.

Mereka dimaksudkan untuk meniru aksi peminat bertelanjang kaki dimana kaki menyentuh tanah rata, bukan tumit dulu seperti yang terjadi ketika Anda mengenakan sendal.

Jadi para periset menggunakan perangkat yang disebut platform pedografi untuk mengukur kekuatan reaksi dari 35 peserta Meksiko dan 30 peserta AS saat mereka berjalan baik dengan sandal maupun kaki telanjang.

Dr Wallace mengatakan beberapa desain sendal modern berpotensi berkontribusi pada perkembangan melemahnya kaki dan beberapa gangguan muskuloskeletal, termasuk plantar fasciitis, fraktur stres, dan osteoarthritis.

Hal ini telah memicu minat publik dan ilmiah yang cukup besar terhadap manfaat kesehatan potensial dari berjalan dan berlari dengan sandal kebugaran.

Dr Wallace melanjutkan, untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana manusia terkena dampak paling parah dari penggunaan sandal maupun berjalan kaki, pihaknya menganalisis kekuatan reaksi dan data kinematis anggota tubuh yang dikumpulkan dari dua populasi berbeda.

"Sebelum kira-kira setengah abad yang lalu, Tarahumara membuat alas sendal mereka dari potongan tipis kulit mentah atau kulit. Namun sekarang, sol sandal mereka sebagian besar terbuat dari permukaan ban mobil, yang mana itu adalah plastik. Inovasi desain yang telah terjadi ini secara independen banyak diperjualbelikan di seluruh dunia," tambahnya.

"Kami juga mengukur kinetika dan kinematika berjalan dalam kelompok orang Amerika perkotaan sementara tanpa alas kaki dan dengan merek sandal minimal yang tersedia secara komersial dengan sol yang terbuat dari etilen vinil asetat tipis (EVA) tipis, bahan yang banyak digunakan untuk melindungi sol sepatu atletik modern," sambungnya.

Dia menambahkan bahwa alas kaki minimal tidak boleh dianggap mengekspos tubuh manusia ke lingkungan biomekanik yang sama seperti berjalan tanpa sepatu, terlepas dari apakah seseorang telah memakainya sepanjang hidup mereka, seperti Tarahumara, atau memiliki sedikit pengalaman, seperti peserta Amerika.

Sementara itu, setelah mengamati budaya Tarahumara yang kuno dan superhuman, Dr. Wallace menyimpulkan bahwa manusia berevolusi berlari tanpa alas kaki. Dia berpendapat kemajuan dalam sepatu lari ini, ironisnya, menyebabkan lebih banyak ruginya daripada kebaikan.

Solusi untuk bangkitnya cedera yang berhubungan dengan sendal ini adalah pergi bertelanjang kaki. Jika Anda takut akan benda tajam yang mungkin saja akan mengganggu Anda, ada baiknya menggunakan alas kaki yang tepat untuk berlari.

Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sepatu tersebut dapat menyebabkan ketegangan ligamen dan cedera otot, dan bahkan dapat menyebabkan nyeri punggung.

Lucy Macdonald, seorang fisioterapis sewaan yang mengkhususkan diri dalam cedera otot-muskulo di Klinik Gurita di London, telah memperingatkan bahwa sendal ini hanya cocok untuk mereka yang masih muda dan kuat.

"Sendal seperti ini sebaiknya dihindari oleh orang-orang yang tidak sehat, memiliki postur tubuh yang buruk, atau masalah pinggul. Sendal ini juga harus dihindari bagi mereka yang memiliki masalah lutut, karena bisa menyebabkan sakit punggung dan lutut yang semain parah," terang Lucy.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)