Share

Semasa Hidupnya, Stephen Hawking Peduli Terhadap Isu Kesehatan

Widya Marchellin, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 18:29 WIB
$detail['images_title']
Stephen Hawking (Foto: AP)

TIDAK hanya menjadi fisikawan dan kosmologi, tapi Profesor Stephen Hawking juga telah ikut bergabung dengan Kerajaan Swedia dalam kampanye mengatasi obesitas yang serius dan kurangnya aktivitas fisik.

Obesitas merupakan suatu kondisi di mana berat badan seseorang melebihi dari yang seharusnya. Berbagai faktor dapat menyebabkan masalah kesehatan ini, salah satunya makan terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit sehingga terjadilah penumpukan lemak dalam tubuh.

Seperti yang Anda ketahui bahwa masalah kesehatan obesitas telah banyak diderita oleh masyarakat di dunia saat ini. Hal tersebut yang membuat Profesor Stephen Hawking menjadi peduli.

 (Baca Juga: Stephen Hawking Pergi untuk Selamanya, Intip Kehidupannya dari Masa Kecil hingga Berkeluarga)

Kepeduliannya ini dapat dilihat dalam sebuah iklan berjudul “Pep talk with Stephen Hawking” yang dirilis pada tahun 2016. Dalam pesannya, profesor asal Inggris itu membahas tentang masalah kesehatan masyarakat yang paling serius pada abad 21.

"Hari ini terlalu banyak orang meninggal karena komplikasi yang berkaitan dengan kegemukan dan obesitas. Kita makan terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit," ujarnya dalam iklan perusahaan non profit asal Swedia.

Iklan tersebut juga bertujuan untuk membantu menyebarkan pengetahuan dan membuat orang terlibat dengan kesehatan anak-anak dan remaja. Hawking sendiri mengatakan bahwa orang yang gemar duduk terus-terusan tanpa melakukan aktivitas fisik adalah masalah kesehatan utama.

Untuk solusi tentang masalah itu, Hawking menyarankan agar semua orang mengubah hidupnya dengan menjalankan pola hidup sehat, makan sedikit dan melakukan fisik lebih banyak.

“Solusinya bukan ilmu roket,” katanya.

  (Baca Juga: 18 Fakta Stephen Hawking, Fisikawan Pencetus Teori Terciptanya Alam Semesta)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Ketidak aktifan fisik menjadi penyebab utama kematian keempat di dunia dan sebagian besar dari populasi dunia tinggal di negara-negara di mana obesitas membunuh lebih banyak orang, daripada yang kekurangan berat badan.

Sebelumnya, Ibu Negara AS Michelle Obama juga melakukan sebuah kampanye ambisius, yang didedikasikan untuk memecahkan masalah obesitas dalam satu generasi.

Diketahui bahwa Profesor Stephen Hawking tidak hanya peduli terhadap masalah obesitas tapi juga peduli terhadap banyak masalah kesehatan lainnya salah satunya Hawking pernah mengkritik sistem pelayanan kesehatan di Inggris.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)