Share

Stephen Hawking Ikut Ice Challenge Bucket untuk Kampanye Peduli Penyakit Berbahaya

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 19:42 WIB
$detail['images_title']
Stephen Hawking Ikutan Ice Challenge (Foto: Independent)

Kematian Fisikawan Stephen Hawking menarik perhatian orang-orang di dunia. Semasa hidupnya, banyak penelitian yang dilakukan meski kondisinya melemah. Hawking diketahui terdeteksi penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Selain itu, dia juga mengidap pneumonia tahun lalu yang tak disangka.

Meski sakit, pria asal Inggris tersebut masih melakukan sejumlah penelitian. Dia pernah mengikuti tantangan Ice Bucket Challenge di tahun 2014. Kemudian, karena sakit yang dideritanya, kompetisi itu diteruskan oleh anak-anaknya.

Dia mengatakan, sangat tidak bijak bila melanjutkan kompetisi Ice Bucket Challenge itu saat tubuhnya sakit. Beruntung, keluarganya mau melanjutkan tantangan yang unik itu.

"Dengan sukarela, anak-anak saya yang menggantikan tantangan itu. Robert dan Lucy yang melanjutkan," kata Hawking.

Ice Bucket Challenge merupakan kampanye yang diadakan demi meningkatkan kesadaran seseorang untuk mencegah penyakit. Apalagi pneumonia, penyakit yang berkaitan dengan saluran napas, bisa menyerang berbagai kalangan.

Saat melakukan tantangan itu, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar USD115 Juta atau setara Rp1,4 triliun. Dia dianggap berhasil menyelesaikan tantangan itu dan membantu banyak orang. Selama melakukan studi, tubuhnya kuat melawan penyakit gangguan neurologi. Dia juga masih gigih melakukan banyak penelitian yang berkaitan dengan teori fisika.

Rupanya Hawking mengidap penyakit neuron itu sejak usia 21 tahun. Dia melawan dengan caranya sendiri. Karena keluarga dekatnya mendukung dan ada serangkaian pengobatan medis yang dijalani.

Saat melakukan berbagai penelitian, Hawking juga dibantu oleh alat-alat canggih. Dia termasuk orang yang cepat tanggap karena kepintarannya. Demikian dilansir Independent, Rabu (14/3/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)