Share

Tips Membuat Daging Steak Jadi Lebih Lembut & Juicy

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 15 Maret 2018 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 15 298 1873115 tips-membuat-daging-steak-jadi-lebih-lembut-juicy-sTLQ3DhH2v.jpg Tips membuat daging steak juicy (Foto:Ilustrasi/Shutterstock)
A A A

BAGI masyarakat Indonesia, steak terbilang makanan mahal yang umumnya dapat dinikmati di restoran atau kafe-kafe  terkenal. Maklum, salah satu bahan dasar untuk membuat hidangan ini adalah daging sapi berkualitas.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengolahnya sendiri di rumah. Sebetulnya ada beberapa tips dan trik untuk membuat hidangan steak yang lezat dan menggugah selera. Seperti yang telah disampaikan di atas, hal pertama yang harus Anda lakukan adlaah memilih daging yang berkualitas.

BACA JUGA:

Outback Steakhouse Buka Outlet Terbaru di Pasaraya Blok M

Pilihlah daging sapi berwarna merah segar dan bukan berwarna kecokelatan atau keabuan. Ciri-ciri daging yang masih segar bisa dilihat dari tekstur yang masih kenyal dan beraroma segar. Perhatikan pula cairan yang terkandung didalamnya. Jika cairan terlalu berlebihan, itu berarti daging tidak disimpan dengan baik.

Setelah mendapatkan daging yang pas, langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah ketika memotong bahan makanan tersebut. Gunakan pisau khusus untuk memotong daging yang tidak digunakan untuk keperluan lainnya. Usahakan memotong daging berlawanwan dengan urat, cara ini sangat ampuh untuk membuat tekstur daging agar tidak liat.

Pada saat memotong daging, cukup sekali atau dua kali menggerakkan pisau. Jangan memotongnya berkali-kali gerakan karena hal tersebut justru akan merusak bentuknya. Selain itu, potonglah daging sesuai dengan selera. Jika Anda penyuka daging steak yang tebal, proses merendam dalam bumbu harus dilakukan dengan waktu yang lebih lama.

Untuk proses pemanggangan, Executive Chef dari Outback Steakhouse Indonesia Jeffrey Zullo mengatakan, suhu panas dan waktu memasak akan sangat berpengaruh pada tesktur dan kelembutan daging steak.

“Setiap steak memiliki keunikan masing-masing. Tapi jika ingin membuat olahan sirloin, usahakan untuk tidak memanggangnya terlalu lama. Karena tekstur daging jenis ini akan semakin keras jika dipanggang terlalu lama,” tutur Jeffrey, saat ditemui Okezone dan awak media, di Outback Steakhouse Indonesia, Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

BACA JUGA:

Mencicipi Pisang Goreng Enbal, Makanan Khas Maluku Tenggara yang Diolah dengan Singkong Beracun

Selain itu, hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan suhu panas saat memasak. Agar tekstur daging menjadi lebih lembut dan juicy, daging tidak boleh dimasak dengan suhu yang terlalu panas.

“Saya merekomendasikan semua jenis steak agar disajikan pada tingkat kematangan medium, sekitar 125 derajat Fahrenheit (51 derajat celcius). Ini akan memberikan pengalaman makan yang mengesankan,” tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini