Share

Indonesia-Malaysia Berkolaborasi Tarik Wisatawan Asing

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 406 1873951 indonesia-malaysia-berkolaborasi-tarik-wisatawan-asing-stYuBV3jvK.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SARAWAK - Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana mengatakan sudah saatnya Indonesia - Malaysia berkolaborasi menarik wisatawan dari negara ketiga sehingga kedua negara bisa terus meningkatkan kunjungan wisatawannya.

"Kita tidak ingin dalam pengembangan wisata hanya sebatas pada Indonesia menjadi pasar Malaysia atau sebaliknya Malaysia menjadi pasar Indonesia. Namun bagaimana kedua negara tersebut menyasar negara ketiga," ujarnya di Miri, Jumat (16/3/2018).

Rusdi mencontohkan negara ketiga yang potensial saat ini untuk ditarik ke Indonesia dan Malaysia adalah dari Tiongkok. Hal itu menurutnya karena saat ini di berbagai negara, wisatawan Tiongkok satu di antara yang mendominasi.

"Kita bisa bersama promosi. Kita tarik ke Indonesia kemudian ke Malaysia atau sebaliknya. Dengan hal begitu wisatawan juga diuntungkan karena sekali berwisata juga lebih murah. Bayangkan dari Tiongkok ke Malaysia saja atau Indonesia secara satu - satu yang dituju, itu tentu mahal. Lebih murah kan dari Tiongkok ke Indonesia sekalian ke Malaysia atau sebaliknya," papar dia.

Rusdi meyakini sektor pariwisata memiliki dampak yang luas sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian pemerintah daerah di Indonesia untuk digarap secara maksimal.

(Baca Juga: Pria Mirip Boneka Ken Barbie Ingin Punya Anak, namun Ini yang Jadi Halangan!)
(Baca Juga: Pria Mirip Boneka Ken Barbie Ingin Punya Anak, namun Ini yang Jadi Halangan!)

"Jika sektor pariwisata digarap maka petani, jasa transportasi dan akomodasi, UMKM dan masyarakat serta lainnya ikut juga tumbuh dan bergeliat," kata dia menjelaskan.

Terkait dibukanya penerbangan rute Pontianak - Miri oleh maskapai Wings Air menurutnya tentu memberikan peluang yang baik bagi kedua belah pihak.

"Konektivitas dan kerja sama dari kedua negara atau daerah tersebut tentu akan terjalin dengan baik. Mobilitas orang dan lainnya sangat dibantu sehingga memberikan dampak yang luas dalam berbagai hal," papar dia.

(Baca Juga: Malaysia Iming-imingi Rakyat Indonesia dengan Surga Wisata Belanja)

Sementara itu, Assistant Minister of Tourism, Arts and Culture Sarawak, Datuk Lee Kim Shin mengatakan dengan hadirnya rute Pontianak - Miri dapat menunjang konektivitas antardua daerah.

"Hadirnya rute penerbangan Pontianak - Miri kami berharap bisa menjalin hubungan antara Sarawak dan Kalimantan. Ini juga akan membantu tidak hanya kegiatan pariwisata tapi juga bisnis," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini