Share

Orang Berperut Buncit Rentan Terkena Diabetes, Benarkah?

MNC Media, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 07:46 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (shutterstock)

MUNCULNYA lipatan pada perut memang bisa mengurangi rasa kepercayaan diri, baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu, perut buncit juga bisa pertanda sebagai penyakit diabetes. Lantas, apa sih penyebab perut buncit dan bagaimana cara mengatasi perut buncit.

Sebenarnya, perut buncit adalah bentuk dari obesitas sentral, yang terbentuk karena pola hidup tidak sehat. Ada beberapa penyebab perut buncit, seperti mengonsumsi makanan dengan lemak trans dan bergula, tidur yang buruk, jarang berolahraga, dan minum alkohol.

Seseorang harus mengimbangi kalori yang mereka makan per hari dengan aktivitas mereka. Sebuah ketidakseimbangan, akan membuat berat badan bertambah, dan tidak jarang akan menjadi penyebab perut buncit.

Seseorang harus mengimbangi kalori yang mereka makan per hari dengan aktivitas mereka.

Senada, stres juga bisa menyebabkan orang sulit tidur akibatnya hormon kortisol akan meningkat dan memicu penyimpanan lemak di perut.

Memang, ada beberapa tempat di tubuh yang menjadi lokasi bernaungnya lemak seperti paha, pantat, dan lengan atas. Fungsi lemak ini sebenarnya adalah cadangan energi, dan membantu protein memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Tapi, seagala sesuatu yang berlebihan pasti berdampak buruk, termasuk dengan lemak yang bisa berakibat buruk pada kesehatan. Nah, yang perlu dipahami adalah penumpukan lemak di perut dipengarugi oleh lemak visceral. Lemak ini bisa menyebar ke organ hati, pankreas, jantung, dan organ lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat menumpuk pada pankreas, maka keseimbangan gula darah dalam tubuh akan rusak, dan terus memproduksi insulin tapi sel tidak menggunakan dengan benar. Tubuh pun tidak menyerap glukosa dengan baik, dan akhirnya menumpuk sehingga menyebabkan resistensi insulin dan menjadi diabetes.

“Ketika sel-sel lemak menumpuk, maka akan menghalangi kerja insulin yang diperlukan untuk menurunkan gula darah,” jelas direktur program pengelolaan diabetes di Gerald J. Friedman Diabetes Institute, dr. Gerald Bernstein, dilansir dari Health oleh hellosehat.com.

dan akhirnya menumpuk sehingga menyebabkan resistensi insulin dan menjadi diabetes.

Oleh karena itu, salahs atu cara yang paling efektif untuk menghindari diabetes adalah menjaga berat badan. Keuntungan lainnya dari menjaga berat badan adalah terhindar dari penyakit stroke, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung.

Jadi, mulailah melakukan perubahan gaya hidup, sehingga tidak berat badan Anda stabil, tapi juga terhindar dari perut buncit. Kurangilah makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat tinggi. Olahraga juga membantu mengatasi perut buncit, lakukanlah dengan rutin dan sesuai dengan kondisi Anda.

1
3