Share

5 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Bahagia

Annisa Aprilia, Okezone · Selasa 20 Maret 2018 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 196 1875404 5-hal-yang-anda-tidak-ketahui-tentang-bahagia-nP9ZJWy7FN.jpg 5 Hal tentang bahagia (Foto:Spirit)
A A A

SETIAP orang memiliki definisi dan cara untuk mencapai bahagia yang berbeda-beda. Ada yang bahagia ketika berhasil meraih impian, ada juga yang bahagia dengan selalu bersyukur dengan hidup yang ia jalani.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Tapi, biasanya orang akan bahagia jika merasa puas dengan hidupnya. Bagaimana dan apapun bahagia menurut Anda, berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang kebahagiaan, dilansir dari Huffington Post, Selasa (20/3/2018).

 BACA JUGA:

Hari Kebahagiaan Internasional, Ini 7 Hal Penentu Kebahagiaan di Seluruh Dunia

1. Bahagia itu pilihan

Aristoteles mengatakan, “Kebahagiaan bergantung pada diri kita sendiri.” Mungkin cara paling sederhana yang bisa kita temukan untuk bahagia, yaitu dengan menerima sepenuhnya hidup yang kita dapatkan. Menurut beberapa penelitian, sebanyak 40 persen tingkat kebahagiaan berada di dalam kendali kita sendiri. Untuk menciptakan bahagia dalam hidup, Anda bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil, seperti berlama-lama ketika sedang melakukan hal positif, tersenyum, dan lebih memilih merasakan kegembiraan daripada kesedihan.

 

2. Cuaca bisa mempengaruhi perasaan bahagia

Jika Anda tinggal di iklim sedang, ada kemungkinan Anda bisa menjadi individu yang lebih ceria. Beberapa penelitian telah menemukan ada korelasi antara cuaca terhadap kebahagiaan seseorang. Cuaca yang bersahabat bisa meningkatkan mood Anda, sedangkan cuaca yang ekstrem bisa berefek negatif. Selama bulan-bulan musim dingin, banyak masyarakat yang mengalami gangguan afektif musiman, karena kurangnya cahaya matahari.

3. Musik dapat meningkatkan kebahagiaan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology, mengatakan, mereka yang mendengarkan musik-musik ceria lebih mampu menempatkan diri dalam suasana hati yang positif.

 BACA JUGA:

Hari Kebahagiaan Internasional, Ini Definisi Bahagia Menurut Michelle Obama

4. Semakin tua semakin bahagia

Banyak orang yang mengatakan masa-masa muda adalah yang paling bahagia. Padahal menurut hasil dari Poll Harris 2013, kepuasan lebih tinggi dirasakan oleh orang dewasa yang berusia tua daripada orang dewasa muda. Hampir 50 persen orang Amerika yang berusia di atas 65 tahun merasa sangat senang dengan hidupnya, dibandingkan dengan 31 persen orang-orang yang masih berusia di antara 18-24 tahun.

5. Bahagia bisa menular

Menyatukan diri dengan orang-orang yang sedang bahagia bisa membuat Anda turut merasakan kebahagiaan juga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal. Penelitian ini juga menemukan, jika seorang teman dekat merasa senang, bisa meningkatkan kemungkinan Anda juga merasa lebih senang. Bahkan, lebih dari itu, dengan berada dekat dengan orang yang sedang bahagia meskipun Anda tidak mengenalnya, pun bisa membuat Anda gembira.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini