Share

Google Doodle Mengenang Usmar Ismail, Bapak Film Nasional

Revi C. Rantung, Okezone · Selasa 20 Maret 2018 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 206 1875304 google-doodle-mengenang-usmar-ismail-bapak-film-nasional-MJFQMrqvBy.jpg Usmar Ismail (Foto: Google)
A A A

JAKARTA - Hari ini Google Doodle rupanya menampilkan salah satu tokoh penting perfilman Indonesia yakni Haji Usmar Ismail. Menariknya, Google juga sekaligus merayakan hari ulang tahun dari Usmar Ismail yang ke-97.

Google Doodle menampilkan wujud dari Usmar Ismail dalam bentuk illustrasi pria berkacamata dengan kumis tebal sembari memegang sebuah kamera. Lebih lanjut gambar yang diberikan oleh Google Doodle berupa bingkai sebuah film dihiasi wujud tiga model wanita yang berada di balik sebuah kaca.

Nama Usmar Ismail memang terdengar familiar dalam telinga kita, namun ada baiknya jika kita tahu lebih mengenai Usmar Ismail yang juga dijuluki sebagai Bapak Film Nasional.

(Baca Juga: Ungkapan Bahagia Lasty Annisa soal Status Tersangka Lyra Virna)

(Baca Juga: Opick Merasa Terganggu dengan Rumor Penyebab Keretakan Rumah Tangganya)

Usmar Ismail menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam industri film Indonesia. Dimana jika dilihat kiprahnya dalam industri film memang bukan hal yang main-main, bahkan diketahui Usmar Ismail telah menggarap lebih dari 20 film.

Usmar Ismail lahir dengan nama lengkap Usmar Ismail Sutan Mangkuto Ameh. Ia lahir di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada 20 Maret 1921. Diketahui, Usmar berhasil mendirikan Perusahaan Film Indonesia (Perfini) pertama pada 30 Maret 1950.

Dan sebagai langkah film pertama Perfini yaitu Darah dan Doa. Skenario film ini ditulis oleh penyair Sitor Situmorang dan disutradarai sendiri olehnya.

Darah dan Doa berkisah tentang seorang guru yang terseret revolusi fisik dalam periode perpindahan TNI dari Yogyakarta ke Jawa Barat pada 1948.

Selain itu, Usmar Ismail juga diketahui menimba ilmu di luar negeri. Alhasil ia pun memperoleh B.A di bidang sinematografi dari Universitas California, Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1952.

Namun sayang, Usmar Ismail harus menghadap Sang Ilahi pada 2 Januari 1971. Usmar Ismail meninggal pada usia 49 tahun. Meski begitu, karya-karya dari Usmar Ismail juga terkenal mendunia.

Sebagai informasi, berkat film Darah dan Doa, Presiden B.J. Habibie kala itu dengan Dewan Film Nasional, menetapkan Hari Film Nasional berdasarkan hari pertama syuting Darah dan Doa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini