Share

Hari Kebahagiaan Internasional, Peringkat Kebahagiaan Indonesia Turun dari 81 Menjadi ke-96 di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 406 1875286 hari-kebahagiaan-internasional-peringkat-kebahagiaan-indonesia-turun-dari-81-menjadi-ke-96-di-dunia-v51HwEO2Cc.jpg Wisatawan di Ancol (Foto: Utami/Okezone)

PERINGATAN Hari Kebahagiaan Internasional atau International Day of Happiness yang jatuh pada Selasa, 20 Maret 2018 hari ini, bertepatan pula dengan perilisan laporan dari PBB tentang Wolrd Happiness Report (WHR) 2018. Dalam laporan tersebut, PBB kembali memperbarui peringkat negara-negara di dunia dengan kadar kebahagiaan masing-masing masyarakatnya.

Ada 156 negara yang didata oleh PBB dan menempati posisi masing-masing sesuai dengan kebahagiaan masyarakatnya. Posisi pertama masih diduduki oleh Finlandia dengan skor 7.632, posisi berturut-turut selanjutnya di tempati oleh Norwegia dengan skor 7.594, Denmark 7.555, Islandia 7.495, dan Swiss 7.487.

 (Baca Juga: Fakta-Fakta di Balik Peringatan Hari Kebahagiaan Internasional)

Sementara, Indonesia harus rela duduk di urutan 96 dengan skor 5.093. Posisi Indonesia sendiri tepat berada di bawah Vietnam yang mendapat skor 5.103. Penilaian peringkat yang dilakukan oleh PBB tersebut didasarkan pada pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB), kesejahteraan sosial, penanganan medis, dukungan sesama masyarakat, kebebasan untuk menentukan kehidupan, tingkat korupsi, serta pengaruh positif dan negatif dalam masyarakat.

Dalam data yang tersaji dalam tabel sederhana dan lengkap dengan diagram batang kebahagiaan tiap negara itu, negara-negara tetangga yang posisinya lebih tinggi dari Indonesia, di antaranya Singapura menduduki peringkat ke-34 dan Malaysia tepat berada di bawah Singapura, yaitu peringkat ke 35.

Adapun negara tetangga lainnya yang berada di atas Indonesia, seperti Taiwan yang menduduki posisi 26 dan Thailand ada diperingkat 46. Bila dibandingkan dengan posisi peringkat Indonesia pada laporan World Happiness Report 2016 lalu, yang menduduki peringkat ke-79, jelas tahun ini posisi Tanah Air menurun. Kemudian jika dibandingkan dengan tahun 2017, posisi Indonesia menurun 15 peringkat, dari sebelumnya urutan ke-81.

  (Baca Juga: Unik! Jepang Luncurkan 8 Jenis Camilan Lezat Terinspirasi dari Bunga Sakura)

Semula Indonesia berada di atas Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja, kini Indonesia harus berlapang dada, karena berada di bawah Filipina yang berada di urutan ke 71, Vietnam yang berada di urutan ke 95. Sedangkan, Laos tetap berada di bawah Indonesia, karena duduk di posisi 110, Myanmar juga senasib dengan Laos dan harus menerima posisi ke 130, dan Kamboja juga masih berada di bawah Indonesia, karena ada di urutan ke 120.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini