Share

Dari Gorengan hingga Kopi, Makanan yang Harus Dihindari Setelah Keracunan Makanan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 15:24 WIB
$detail['images_title']
Kopi (Foto: Shutterstock)

KASUS penggerebekan sebuah toko di kawasan Tambora, Jakarta Barat karena diduga mengganti label makanan kedaluwarsa tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih produk makanan tersebut adalah yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti mayones, keju, dan biskuit. Bukan tidak mungkin jika masyarakat yang terlanjur mengonsumsinya mengalami keracunan makanan.

Perawatan terhadap keracunan makanan memang bisa dilakukan di rumah karena idealnya pulih dalam jangka waktu 48 jam. Namun bila efek yang ditimbulkan berlangsung lebih dari lima hari, harus segera mendapatkan penanganan dari tenaga medis. Ada pun efek yang biasa timbul pasca keracunan makanan adalah mual, muntah, diare, sakit perut, dan demam.

 (Baca Juga: Baru Menikah 6 Hari, Suami Bantu Istrinya Menikahi Mantan Pacar, Ini Alasannya yang Bikin Haru)

Cara perawatannya bisa dengan obat sesuai resep dokter atau lewat makanan dan minuman. Melansir berbagai sumber, Selasa (20/3/2018), selama masa pemulihan seseorang yang mengalami keracunan makanan tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan padat hingga muntah dan diare selesai. Walau begitu, bukan berarti dirinya bisa langsung memakan makanan berat.

Selama masa pemulihan disarankan untuk banyak mengonsumsi cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Selanjutnya setelah mengalami keracunan makanan, konsumsilah makanan yang mudah dicerna dan rendah lemak. Makanan tersebut antara lain nasi lembek, havermut, kaldu ayam, sayuran rebus, roti panggang, agar-agar, dan pisang. Bisa juga meminum minuman olahraga yang mengandung elektrolit.

  (Baca Juga: Awas! Keinginan Bunuh Diri Bisa Memperkuat Faktor Penyebab Mati Konyol)

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya keracunan yang semakin parah, ada makanan yang harus dihindari terutama yang sulit dicerna. Makanan-makanan itu antara lain produk yang mengandung susu dan keju, makanan berlemak, makanan yang kandungan gulanya tinggi, makanan pedas, serta gorengan. Untuk minuman, hindari yang mengandung kafein seperti kopi, soda, dan minuman energi. Minuman beralkohol dan nikotin juga tidak disarankan.

  (Baca Juga: Selain Tanggal Kedaluwarsa, Begini Cara Mengetahui Makanan Sudah Tidak Layak Dikonsumsi)

Di sisi lain, untuk meminimalisir kejadian serupa di waktu mendatang, sebisa mungkin kurangi makanan mentah seperti sushi dan produk ikan, makanan yang undercooked, daging giling yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak dipasteurisasi, serta jus

buah dan sayuran mentah yang tidak dicuci. Pada produk makanan kemasan, pastikan dengan betul kondisinya tidak berbau, berlendir, maupun berjamur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)