Share

Luthi Kehilangan Poin Perdananya di MotoGP Qatar 2018

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 22 38 1876509 luthi-kehilangan-poin-perdananya-di-motogp-qatar-2018-XWMmoTfNhV.jpg Pembalap Tim Marc VDS Honda, Thomas Luthi hanya mampu finis di urutan ke-16 MotoGP Qatar 2018. (Foto: MotoGP)
A A A

DOHA – Pembalap anyar Tim Marc VDS Honda, Thomas Luthi, merasa kurang puas dengan hasil yang ia raih pada seri perdana MotoGP 2018, yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan lalu. Pasalnya, pembalap berpaspor Swiss itu kehilangan poin pertamanya saat melakukan debut di MotoGP.

Rekan setim Franco Morbidelli itu hanya mampu finis di urutan ke-16 dengan catatan waktu 42 menit 58,843 detik pada seri perdana MotoGP Qatar, akhir pekan lalu. Luthi hanya terpaut 0,902 detik dengan rider Tim Angel Nieto, Karel Abraham, yang menempati urutan ke-15, atau peringkat terakhir untuk bisa membawa pulang poin.

Kegagalan Luthi finis di urutan ke-15 dalam seri perdana tersebut dilatarbelakangi oleh masalah pengereman pada motor RC213V miliknya. Dengan masalah rem itu, ia pun tidak dapat mempercepat kuda besinya saat melewati tikungan. Hal itulah yang membuat kecepatannya saat mentas di Sirkuit Losail tidak maksimal.

Baca juga: Morbidelli: Saya Kaget dengan Kecepatan RC213V di Qatar

“Suhu rem karbon terlalu panas, ada yang salah dengan itu. Saya bisa merasakan hal itu, karena lengan saya terus menarik tuas rem begitu keras. Akan tetapi motor itu tidak mau melambat. Padahal saya sangat dekat dengan pembalap-pembalap lainnya. Itulah masalahnya,” ucap Luthi, mengutip dari Motorsport, Kamis (22/3/2018).

“Saya tidak bisa menyalip lawan bahkan jika mereka melambat. Bradley Smith (KTM Red Bull) sempat melambat ketika balapan berlangsung. Namun, saya tidak bisa menyalip dengan cepat. Saya berada di belakangnya, dia sedikit menurunkan akselerasinya dan saya pun tidak bisa dengan cepat mengerem dengan kerusakan pada rem seperti itu,” lanjut runner-up Moto2 2017 itu.

Baca juga: Marquez Tak Keberatan Zarco Gabung Repsol Honda di MotoGP 2019

Meski begitu, Luthi mengaku banyak hal yang dapat dipelajari dari balapan MotoGP Qatar 2018. Ia pun percaya apabila kendala rem itu tidak terjadi maka ia akan mampu meraih poin pertamanya di MotoGP. Terlepas dari itu semua, Ia ingin langsung memfokuskan diri untuk seri balapan MotoGP berikutnya yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin 9 April 2018 dini hari WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini