Share

Kasus 3 Merk Sarden Bercacing, BPOM: Makanan Kaleng Tak Bagus Sering Dikonsumsi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 17:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Sardinecannedfish)

MAKANAN kaleng memang membantu seseorang untuk masak dengan cara instan. Tapi tak selamanya sehat, karena risikonya bisa terkontaminasi parasit, seperti ikan sarden kalengan bercacing.

Belakangan ini banyak temuan produk makanan rusak, kedaluwarsa, hingga terakhir dikabarkan ada produk makanan terkontaminasi cacing. Hal ini pasti membuat resah masyarakat, sehingga mereka jadi tak percaya lagi dengan perusahaan pembuat produk makanan yang rusak.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru menemukan tiga merk ikan sarden kaleng impor yang dipasarkan di Indonesia. Meski ketiganya sebenarnya bukan buatan lokal, tapi masyarakat harus tetap waspada.

Baca juga: Ahli Nutrisi Ungkap Penyebab Sarden Kaleng Terkontaminasi Cacing

Menanggapi hal itu, Ahli Nutrisi Emilia Achmadi mengatakan, sebaiknya masyarakat jangan terlalu bergantung mengonsumsi makanan kaleng. Sebab, makanan instan itu tidak punya fungsi bagi sistem organ tubuh.

"Masyarakat jangan menggantungkan konsumsi segala jenis makanan kalengan. Kalau dimakan terlalu sering, tidak bagus untuk tubuh," ujarnya saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2018).

Baca juga: Ini Bahayanya jika Makan Ikan Sarden Kalengan yang Terkontaminasi Cacing

Sayangnya, masyarakat tidak peduli dengan kesehatan, sehingga mereka mengonsumsi sembarang makanan. Terlebih, pasokan makanan kaleng tersedia banyak di supermarket, yang membuat orang tergoda untuk membelinya.

Merujuk banyak studi yang dilakukan oleh ahli nutrisi yang terkenal di dunia, seseorang yang suka konsumsi makanan kaleng bisa mudah mengalami obesitas. Sebab, makanan tersebut sulit dicerna dan diserap tubuh dengan baik.

Baca juga: Tidak Hanya dalam Sarden, Ini 5 Kasus Konsumen Temukan Cacing & Belatung dalam Makanan

Karenanya, diharapkan setiap orang untuk mengurangi kebiasaan mengurangi konsumsi makanan kaleng. Apalagi yang menggunakan bahan baku ikan mentah, seperti sarden.

Sebagai pengganti makanan kaleng, Emilia menyarankan supaya Anda menyiapkan aneka pilihan daging segar, buah-buahan, dan sayuran yang bisa dibekukan di freezer atau disimpan dalam lemari es. Paling tidak, bahan mentah itu kondisinya masih layak dikonsumsi hingga satu minggu masa penyimpanan.

"Jangan tergoda dengan makanan kaleng yang dipajang di toko. Malah lebih gampang beli bahan baku yang bisa disimpan di kulkas dan bertahan satu minggu," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)