Share

Pancuran Mandi di Singapura Berteknologi Canggih Cegah Buang-Buang Air

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 23 Maret 2018 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 23 196 1876907 pancuran-mandi-di-singapura-berteknologi-canggih-cegah-buang-buang-air-TAFUkLhTUV.jpg Pancuran mandi di Singapura berteknologi canggih (Foto:Ilustrasi/Ist)
A A A

 

MENCINTAI bumi ini bisa dimulai dari hal sekecil mungkin. Salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan atau memaksimalkan penggunaan air di kehidupan sehari-hari.

Nah, bicara mengenai penggunaan air, siapa yang masih sering menghambur-hamburkan air? Contoh sederhananya adalah tetap menyalakan air saat Anda cuci tangan dengan sabun atau membuang air banyak-banyak saat mandi?

 BACA JUGA:

Lawan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Yuk Dukung Kampanye He for She

Kebiasaan ini yang kemudian menjadi landasan dasar tercetusnya pembuatan smart shower atau pancuran mandi yang sekarang mulai diterapkan di Singapura. Dilansir dari Straitstimes, Jumat (23/3/2018), di mana di laman ini dijelaskan bahwa di salah satu estate di Singapura bakal menerapkan smart shower ini secara keseluruhan.

Diterangkan di sana, projek The Housing Board (HDB) sudah mempersiapkan sekitar 300 unit smart shower ini di West Rock Bukit Batok Singapura, dengan tujuan agar pemakaian air di kamar mandi bisa lebih dikontrol dan ini memengaruhi bagaimana kebiasaan manusia di masa depan.

Dalam pernyataan resmi Badan Air Nasional Singapura (PUB), kawasan pemukiman itu akan menjadi contoh perumahan yang dilengkapi dengan smart shower ini. Permulaan yang baik ini tentunya mengharapkan perubahan yang baik bagi bumi.

 BACA JUGA:

3 Fakta Penting tentang Cacing dalam Sarden yang Perlu Anda Tahu!

Bicara mengenai alatnya sendiri, melalui layar kecil dalam perangkat cerdas tersebut, pemilik rumah bisa mengontrol sudah seberapa banyak air yang digunakan saat mandi. Alat ini bukan hanya bisa memonitoring penggunaan air, tetapi juga bisa menjadi alat penghemat.

Di smart shower sudah tersedia kode-kode tertentu yang bisa dipelajari dan memiliki maknanya sendiri. Dengan memaksimalkan teknologi yang ada, pihak HDB yakin di masa depan manusia bisa lebih menghargai air. Sementara itu, untuk harganya sendiri, alat ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 2 juta. Dengan harga beli itu, pemilik air bisa mengontrol belanja air hanya sebesar Rp100 ribu per bulan.

Kehadiran alat ini pun ditanggapi positif beberapa warga. "Menurut saya ini sangat bermanfaat. Sebab, tidak bisa dipungkiri kita selalu mandi dengan jumlah air yang banyak dan tidak pernah ada yang bisa membatasi pemakaian air tersebut. Jadi, adanya alat ini membantu saya sekali," terang salah seorang warga.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini