Share

Bolehkah Makan Pisang di Malam Hari?

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 27 Maret 2018 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 298 1878255 bolehkah-makan-pisang-di-malam-hari-L8E8gJu0ee.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

SELAIN memiliki rasa manis yang nikmat, dan tekstur daging buahnya yang lembut, pisang juga dikenal sebagai salah satu buah bernutrisi.

Pasalnya, diketahui pisang hadir dengan kandungan nutrisi dan zat anti-oksidan yang berguna untuk tubuh. Pisang kaya akan potassium, yang mana potassium ini punya peran krusial untuk menjaga level tekanan darah di dalam tubuh.

Selain itu pisang juga punya kandungan antasid alami yang menjadikannya sebagai obat baik untuk menenangkan perut yang sakit. Kemudian tahukah Anda, bahwasanya pisang juga dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan sakit maag, meredakan rasa mulas, kandungan serat pisang yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan agar lebih teratur dan mengurangi konstipasi.

 (Baca Juga: Jangan Sepelekan Masalah Kurang Tidur! Simak 7 Dampaknya)

Akan tetapi, di balik sederet manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh secara umum. Konon, mengonsumsi pisang di malam hari dapat membuat tubuh demam dan flu. Apakah benar demikian?

Well, sebagaimana diwarta Ndtv, Selasa (27/3/2018) Dr. Ashutosh Gautam menyebutkan, pada dasarnya tidak ada yang tidak aman tentang makan pisang di malam hari. Jika selama ini ada orang yang ingin menghindari memakan pisang saat malam sudah larut, itu karena dikenal bisa memperburuk batuk dan pilek.

Sebagai catatan, disebutkan bahwa pisang pada dasarnya adalah buah yang berat dan membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh. Maka dari itu jika ingin memakan pisang, pastikan pisang tersebut dimakan dalam kurun waktu 2-3 jam sebelum berangkat tidur di malam hari. Dr. Ashutosh Gautam juga mengatakan pisang dapat membuat yang mengonsumsinya merasa lesu dan malas.

Hubungan antara makan buah pisang di malam hari ini sendiri, berangkat dari kepercayaan bahwa makan pisang atau buah jeruk adalah kegiatan yang harus dihindari oleh orang yang menderita pilek dan batuk, terutama pada malam hari. Sebab, memang benar bahwa pada malam hari diri menjadi lebih rentan terhadap infeksi, selain juga pada dasarnya seseorang memang harus menghindari makan apa pun yang mendekati waktu tidur, karena saat tidur adalah ketika di mana metabolisme tubuh sedang turun dan ada di titik terendah. Sehingga kita tubuh diberi makanan, makanan yang masuk ini akan berubah menjadi energi, yang sebenarnya tidak dicari oleh tubuh saat itu.

  (Baca Juga: Gaya Hidup Sehat David Beckham, Rajin Antar Anak ke Sekolah)

Lalu apakah dengan ini, menjadikan buah pisang tidak lagi bisa masuk menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi? Well, tidak sepenuhnya benar karena menurut banyak ahli, jika dikonsumsi secara tidak berlebihan maka tidak ada yang membahayakan.

Apalagi pisang sendiri kaya akan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para ahli juga mengatakan bahwa pisang yang padat nutrisi membantu mengisi kembali mineral dan antioksidan yang hilang yang dapat membantu menenangkan tubuh saat dingin atau demam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini