Share

3 Destinasi Wisata Berbasis Konservasi yang Wajib Disambangi Ketika Berlibur ke Tabanan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 406 1878198 3-destinasi-wisata-berbasis-konservasi-yang-wajib-disambangi-ketika-berlibur-ke-tabanan-AYEHMlu4Z2.jpg Botanical Bali (Foto: sasha_navetnaya/Instagram)

TABANAN tidak hanya dikenal berkat keindahan Pura Tanah Lotnya yang begitu memukau. Masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa Anda sambangi ketika berlibur ke wilayah tersebut. Salah satunya destinasi wisata berbasis konservasi dan edukasi atau kini dikenal dengan sebutan eco tourism.

Di tempat ini Anda bisa menyambangi objek wisata Bali Butterfly Park yang merupakan penangkaran kupu-kupu terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan 3 destinasi wisata berbasis konservasi yang wajib Anda sambangi ketika berlibur ke Tabanan, Bali, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/3/2018).

 (Baca Juga: Taman Smart Pasangkayu Bisa Obati Rindu Jakarta saat Berada di Sulawesi Barat)

Sangeh Bali Monkey Forest

 

(Foto: alexievv_/Instagram)

Selain Ubud, Kabupaten Tabanan juga memiliki objek wisata alam berkonsep monkey forest yang menarik untuk dikunjungi namanya, Sangeh Bali Monkey Forest. Tempat ini merupakan kawsan hutan lindung yang didominasi pohon pala, dan menjadi rumah bagi ratusan monyet liar yang siap menyambut para pengunjung dengan aksi jenaka mereka. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus menempuh waktu sekitar 1 jam 15 menit jika berangkat dari kawasan Seminyak, Bali. Tidak hanya bermain dengan monyet-monyet lucu nan menggemaskan, para wisatawan juga dapat mengeksplorasi keunikan pohon pala yang batangnya menyerupai bentuk kelamin pria dan wanita.

Pohon tersebut bahkan diberi nama Lanang Wadong yang artinya melambangkan pria dan wanita. Di tengah hutan, Anda bisa berisitirahat sambil melihat keunikan dua pura tradisional yang dikenal dengan nama Pura Melanting dan Pura Bukit Sari. Tidak perlu khawatir, harga tiket masuknya relatif terjangkau yakni, Rp20 ribu per orang untuk wisatawan asing, dan Rp10 ribu untuk wisatawan domestik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bali Butterfly Park

 

(Foto: tanetta93/Instagram)

Bali Butterfly Park atau Taman Kupu-Kupu Tabanan adalah salah satu tempat wisata berbasis konservasi dengan luas lahan hingga 1 hektar. Di tempat ini terdapat penangakaran kupu-kupu terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Selain menikmati suasana yang asri dan melihat keindahan beragam jenis kupu-kupu, para wisatawan juga akan mendapatkan informasi-informasi dari hasil penelitian para ahli. Setidaknya ada ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai spesies yang dikembangkan oleh pihak pengelola. Beberapa di antaranya bahkan masuk dalam daftar hewan yang dilindungi yakni, kupu-kupu jenis ornithoptera priamus dan triodes Helena. Lokasi Taman Kupu-kupu Bali sendiri berada di Jalan Batukaru, Kabupaten Tabanan, dengan harga tiket masuk sebesar Rp30 ribu per orang.

Bedugul Botanical Garden

 

(Foto: sasha_navetnaya/Instagram)

Nah, tempat yang satu ini bisa dibilang salah satu objek wisata yang paling favorit dan terkenal di Bali. Letaknya berada dalam satu wilayah dengan objek wisata Pura Tanah Lot. Sesuai dengan namanya, daya tarik Bedugul Botanical Garden (Bedugul Kebun Raya Bali) tereletak pada keindahan pemandangan alam daerah pegunungan dan pemandangan danaunya yang alami.

Dengan luas sekitar 157,5 hektar, Bedugul Kebun Raya Bali menyuguhkan berbagai aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, mulai dari mengeksplorasi Candi Bentar, menikmati keindahan Taman Bunga Bawar dan Danau Beratan, hingga bersantai di Usada Café sambil menyaksikan pertunjukan tari tradisional khas Bali. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yakni, Rp9 ribu per orang. Tempat ini bisa dikunjungi dengan jarak tempuh sekitar 62,6 km atau 1 jam 14 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini