Share

Konsumsi Kentang Rebus Baik untuk Kesehatan Jantung

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 10:48 WIB
$detail['images_title']
Kentang Rebus (foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat oleh Profesor Derek Stewart dari James Hutton Institute, Skotlandia, kentang dapat mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular.

Dalam penelitiannya, Profesor Derek juga menemukan kentang mengandung banyak vitamin, mineral hingga serat. Hal ini terbukti melalui responden yang mengganti daging dengan sayuran dan kentang sebagai menu makanannya.

"Jika Anda harus hidup hanya dengan satu makanan selamanya, pilih kentang. Selain mengandung vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung karotenoid dan polifenol yang baik untuk tubuh," kata Derek seperti dilansir Daily Mail.

Namun, manfaat ini bisa didapat saat mengonsumsi kentang utuh, direbus, ditumbuk, dikukus atau dipanggang. Sementara makanan olahan kentang seperti keripik kentang dan kentang goreng tidak memberikan manfaat tersebut. Hal senada juga diungkapkan oleh pakar diet dan gizi ternama, Dr Mark Taylor.

Dalam laporannya yang berjudul Potato - A basis for human nutrition and health benefits ini menunjukkan bahwa kentang sama sehatnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Sementara kandungan vitamin dan mineral pada kentang terbukti bisa mencegah penurunan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan demensia. "Karena itu jangan salah, kentang baik dimakan saat diet karena mengandung banyak nutrisi," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)