Share

Ibu, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tumbuh Kembang Buah Hati Optimal

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 15:44 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (shutterstock)

PADANG - Dokter Spesialis Anak dari RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat dr Eva Chundrayetti, SpA (K) mengatakan ada empat hal yang harus diperhatikan seorang ibu agar tumbuh kembang anak berjalan optimal.

"Empat hal tersebut adalah ketika anak dilahirkan langsung dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan pemberian ASI ekslusif pada enam bulan pertama," katanya di Padang, Rabu (28/3/2018).

Hal itu karena dengan IMD bayi akan mendapatkan Kolostrum yang salah satunya berfungsi untuk melindungi saluran cerna bayi dan menjaga daya tahan tubuh, serta lainnya.

Kemudian Pemberian imunisasi penting dilakukan untuk menjaga bayi agar terhindar dari berbagai penyakit infeksi, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

"Dan pemberian stimulasi, karena dengan stimulasi akan melatih kemampuan motorik, berbicara dan bersosialisasi anak agar cepat berkembang," tambahnya.

Selain itu, faktor nutrisi yaitu pemberian makanan yang cukup dan sehat juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pemberian nutrisi yang lengkap adalah seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. "Terutama asupan nutrisi terhadap ibu hamil, sangat berpengaruh terhadap bayi, ketika bayi masih dalam kandungan," ujar dia.

Di samping itu, kasih sayang dari orang tua juga akan mempengaruhi perkembangan anak, karena lingkungan orang tua merupakan lingkungan pertama yang dihadapi anak ketika lahir.

Oleh karena itu, katanya untuk menghasilkan anak yang dapat tumbuh dan berkembang secara optimal seseorang perlu dipersiapkan menjadi ibu yang sehat secara fisik dan mental.

Salah satunya, kata dia menikah dalam usia yang optimal yaitu tidak terlalu muda di bawah 20 tahun dan tidak terlalu tua di atas 35 tahun.

"Serta menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)