Share

Makan Telur Paskah yang Telah Dihias, Aman atau Berbahaya?

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 29 Maret 2018 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 298 1879662 makan-telur-paskah-yang-telah-dihias-aman-atau-berbahaya-nLY7rlQvQu.jpg Makan telur yang sudah dihias, aman atau bahaya? (Foto:Fansided)
A A A

TAHUKAH Anda, setidaknya lebih dari 230 juta butir telur terjual habis selama perayaan Paskah berlangsung. Fakta tersebut dipaparkan oleh The American Egg Board. Menurut mereka, telur yang berhasil terjual biasanya akan digunakan untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat, atau dihias sedemikian rupa untuk menarik perhatian anak-anak.

Untuk menghasilkan olahan telur yang sempurna, ternyata ada beberapa tips dan trik khusus yang dianjurkan oleh para ahli. Hal ini juga berlaku untuk tradisi menghias telur yang dilakukan oleh para orang tua dan anak-anaknya. Namun perlu diketahui, tidak semua jenis pewarna aman untuk digunakan pada bahan makanan.

 BACA JUGA:

Resep Kentang Goreng Lezat untuk Camilan Anak Pulang Sekolah

Menurut American Egg Board, telur yang telah diwarnai sebetulnya dapat dikonsumsi, asalkan pewarna yang digunakan sesuai dengan standar keamanan pangan. Tidak hanya itu, jika bagian kulit telur mengalami kerusakan, makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi karena kemungkinan besar telah terkontaminasi kuman penyakit.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai tradisi menghias telur, pastikan bahan-bahan yang digunakan benar-benar telah memenuhi standar. Contohnya menggunakan pewarna alami atau pewarna khusus makanan.

Selain tradisi menghias telur, perayaan Paskah juga identik dengan tradisi menyembunyikan makanan berbentuk bulat itu. Berdasarkan laporan FDA sekaligus rekomendasi American Egg Board, telur yang telah digunakan dalam kegiatan ini sebaiknya tidak dikonsumsi. Pasalnya, makanan tersebut akan dikeluarkan dari lemari pendingin selama kurang lebih dua jam.

 BACA JUGA:

Ini 4 Tipe Peminum Kopi, Termasuk Tipe yang Manakah Anda?

Hal ini tidak hanya berlaku untuk telur yang telah dihias. Makanan paskah berbahan telur lainnya juga tidak boleh diletakkan di luar lemari pendingin selama lebih dari dua jam. Tips sederhana ini tentu akan membuat momen Paskah Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

FDA juga mengatakan, kesadaran para konsumen saat ini cenderung lebih baik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Mereka kini mulai memperhatikan kualitas makanan yang akan disajikan di atas meja makan. Tidak hanya itu, para produsen telur pun sudah mulai menerapkan teknik produksi yang lebih modern, sehingga kualitas telur yang dihasilkan akan menjadi lebih baik dan sangat aman untuk dikonsumsi. Demikian dilansir dari Foodsided, Kamis (28/3/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini