Share

Bikin Selai Nanas Sendiri untuk Topping Makan Roti atau Pancake

Dewi Kania, Okezone · Jum'at 06 April 2018 04:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 298 1882728 bikin-selai-nanas-sendiri-untuk-topping-makan-roti-atau-pancake-nvCaeDKPMq.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)
A A A

SARAPAN dengan roti selai nanas jadi salah satu pilihan menu lezat untuk orang yang sibuk. Tapi, jangan gunakan selai siap pakai, karena lebih sehat bikin sendiri.

Resepnya sangat mudah ditiru dan bahan-bahannya tidak sulit. Proses membuatnya pun tidaklah rumit. Setelah Anda membuat, pasti harus disimpan di tempat yang kedap udara.

Selai nanas sangat cocok dimakan dengan roti panggang atau cake cokelat yang meleleh. Atau selai nanas juga bisa dijadikan topping crepes yang garing. Kalau Anda ingin sarapan pancake, bisa juga mengoleskan selain berwarna kuning ini.

Banyak makanan enak yang dipadukan dengan selai nanas yang semakin mantap. Tentu sarapan jadi tidak malas dan bosan karena mengandalkan topping cokelat atau keju.

Apalagi kebanyakan orang tidak suka makan buahnya langsung. Maka tak ada salahnya, diolah menjadi selai yang enak. Kalau Anda mau membuat selai nanas itu tahu kandungan nutrisinya. Terdiri dari vitamin C dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Apalagi kalau ditambah dengan perasan lemon yang asamnya pas. Pasti bisa menggugah selera makan di pagi hari. Mulailah dari sekarang untuk membuat makanan sehat dan mengonsumsinya. Berikut resepnya yang mudah, dilansir Boldsky, Jumat (6/4/2018).

Bahan-bahan:

1 buah nanas

1 buah air lemon

1/2 mangkuk kecil kulit lemon, parut

1/4 cangkir air

Gula secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas kulit kulit nanas dan iris kotak-kotak kecil. Cuci bersih dan haluskan dalam blender.

2. Setelah dihaluskan, saring buah nanas yang sudha halus. Pastikan tak menyisakan ampas kotor.

3. Siapkan panci di atas kompor yang menyala api. Masukkan jus nanas, aduk hingga mendidih. Tambahkan gula secukupnya, aduk lagi.

4. Setelah bergelembung, tandanya mendidih. Lalu, tambahkan perasa lemon dan kulitnya. Aduk hingga mengental.

5. Setelah matang dan mengendal, diamkan selai yang sudah jadi sampai uap panas hilang.

6. Simpan di dalam wadah kedap udara agar selai nanas awet, tidak berjamur, dan tidak basi. Biasanya batas konsumsinya dalam 3-7 hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini