Share

Marquez Bikin Drama di MotoGP Argentina 2018, Rossi Jadi Korban

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 09 April 2018 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 09 38 1883909 marquez-bikin-drama-di-motogp-argentina-2018-rossi-jadi-korban-i70P9Yldgn.jpg Valentino Rossi dan Marc Marquez (Foto: Twitter MotoGP)
A A A

RIO HONDO – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, membuat sejumlah drama kontroversi pada balapan seri kedua MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin 9 April 2018 dini hari WIB. Rentetan kisah yang dilakukan Marquez sejak sebelum race dimulai hingga akhir balapan memang banyak mengundang perhatian.

Salah satu yang mencolok adalah aksinya ketika bersenggolan dengan pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi di empat lap terakhir. Alhasil Marquez harus mendapat hukuman penalti waktu sebanyak 30 detik pada laga tersebut.

Semua drama ini bermula, kala seluruh pembalap harus menunda balapan karena harus melakukan perubahan ban di pit lane. Tetapi hal tersebut tidak berlaku kepada sang peraih pole position yakni Jack Miller yang tidak masuk ke pit lane karena bannya di lengkapi dengan ban kering.

Baca juga Hasil Race MotoGP Argentina 2018

Alhasil seluruh pembalap kecuali Miller harus mundur empat baris ke belakang untuk memulai jalannya balapan.Β  Hal ini terjadi sebab peraturan menyatakan bahwa semua pembalap harus start dari baris belakang jika mereka memulai warm-up dari pit lane.

Tetapi, hal lucu terjadi kala Marquez mengalami gangguan dengan motornya dan mencoba untuk memulai balapan dari pit lane, tetapi urung terjadi karena motornya mogok. Hal itu pun membuat ia terkena hukuman penalti yakni melewati pit lane pada lap keenam.

Setelah terganjar hukuman tersebut, Marquez akhirnya menempati posisi 19. Namun, bukan Marquez namanya jika tidak memiliki ambisi untuk berada di posisi terdepan. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu berjuang sekuat tenaga agar bisa mencapai posisi terdepan setelah mendapatkan hukuman tersebut.

Namun usahanya untuk menjadi terdepan tidak mampu dilakukan Marquez secara bersih. Beberapa kali ia harus meminta maaf kepada para pembalap lain karena sering bersenggolan. Aksi pertamanya terjadi kala Marquez mendekati Aleix Espargaro di lap ke-10 dan berusaha menyusul pembalap Tim Aprilia tersebut.

Marquez pun berhasil melewati Espargaro di tikungan 13 tetapi dibarengi dengan kontak di antara dua pembalap yang membuat kakak dari Pol Espargaro itu melebar dari lintasan. Sementara Marquez aman melaju. Hal itu membuat Marquez melepaskan tangan dari stang-nya untuk meminta maaf.

Namun aksi tersebut bukan hanya terjadi sekali. Bersentuhan dengan pembalap lain untuk mendapatkan keuntungan sendiri, terjadi saat Marquez hendak menyalip Franco Morbidelli. Lagi-lagi ia mengangkat tangannya untuk meminta maaf.

Puncaknya, sang juara bertahan tersebut hendak melewati Valentino Rossi untuk merebut posisi keenam. Namun apa yang terjadi, Marquez melakukan senggolan dengan VR46 yang membuat Rossi melebar dan terjatuh di pinggir lintasan. The Baby Alien kembali mengacungkan permohonan maaf. Kejadian itu sama persis di tempat Marquez menyenggol Espargaro di lap ke-10.

Tetapi untuk kali ini, tampaknya permintaan maaf itu tidak akan dibiarkan begitu saja. Kesalahannya yang membuat pembalap lain terjatuh akan mengakibatkan hukuman. Beruntung Rossi kembali bangkit dan finis di posisi 19. Sementara Marquez yang sejatinya finis di posisi kelima harus mendapat hukuman waktu 30 detik dan finis di posisi ke-18.




Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini