Share

5 Cara agar Anak Tidak Mudah Stres Selama Hadapi Ujian Nasional

Dewi Kania, Okezone · Selasa 10 April 2018 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 196 1884613 5-cara-agar-anak-tidak-mudah-stres-selama-hadapi-ujian-nasional-CwXVexJIdN.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)
A A A

SISWA-siswi sekolah di Indonesia mulai menghadapi Ujian Nasional. Tak pelak, mereka merasa stres dan harus diatasi dengan cara yang aman.

Banyak ketakutan yang mereka hadapi saat harus menjawab pertanyaan yang disuguhkan selama ujian berlangsung. Apalagi melihat sistemnya bisa merepotkan mereka.

Tanpa disadari, mereka menghadapi rasa cemas berlebihan. Kalau hal ini terjadi, pasti ada dampak buruk yang dihadapi, terutama memengaruhi kesehatan mentalnya.

 (Baca Juga: Chef Ini Sebut Masa Depan Kue Artis di Ujung Tanduk, Kenapa?)

Nah, daripada bingung mencari cara bagaimana agar anak-anak lebih merasa rileks saat menghadapi Ujian Nasioanl, simak lima cara berikut ini yang bisa diterapkan. Ikuti langkahnya, dilansir Thehealthsite, Selasa (10/4/2018).

Latihan ringan

Pendiri Just Diet Clinic Jasleen Kaur mengatakan, selama Ujian Nasional, para siswa harus lebih rajin latihan olahraga supaya dapat meregangkan otot. Olahraga yang dimaksud seperti badminton, yang dapat dilakukan dalam durasi pendek. Latihan seperti itu dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan energi, dan produktivitas. Batasi durasinya hingga 30 menit agar tak cepat lelah.

Tidur cukup

Banyak siswa begadang meski menghadapi Ujian Nasional. Sebaiknya jangan, karena tidur larut malam bisa menyebabkan Anda sangat lelah. Saat tidur nyenyak, bisa meningkatkan daya ingat yang lebih baik. Saat anak-anak belajar, pasti hasilnya akan direkam lebih baik dan bisa diingat selama ujian berlangsung. Belum lagi kalau kurang tidur bisa menyebabkan perlambatan metabolisme, ketidaknyamanan, iritasi dan dampak lainnya.

Makan teratur

Makan teratur membantu menjaga tingkat nutrisi dan energi agar tetap stabil. Dalam sehari, makanlah tiga porsi besar dan sebagai pelengkapnya tiga kali makan camilan sehat. Pertimbangkan porsinya supaya kebutuhan kalori tercukupi. Saat makan camilan sehat pilihlah roti panggang yang dioles selai kacang, hummus atau tuna, atau sepotong keju dengan buah. Yummy!

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih, terutama saat musim panas sangat penting. Air membentuk 85% kemampuan otak dalam berpikir, maka kalau tubuh kekurangan cairan bisa memengaruhi kinerja otak. Siswa harus mengawali harinya dengan minum air putih, karena lebih mudah membangun semangat dan mencegah rasa lelah berlebihan.

Menjauhkan pikiran negatif

Anak-anak selama menghadapi ujian harus selalu berpikiran positif supaya tidak mudah cemas. Dekatkan mereka dengan orang-orang yang selalu berpikir positif agar mereka jauh dari hal yang negatif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini