Share

Dovizioso Sebut Insiden di MotoGP Argentina Mutlak Kesalahan Marquez

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 02:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 38 1885433 dovizioso-sebut-insiden-di-motogp-argentina-mutlak-kesalahan-marquez-PHsXMFx6fR.jpg Pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso (Foto: MotoGP)
A A A

SANTIAGO DEL ESTERO – Seri kedua MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo telah selesai dilaksanakan pada Senin 9 April 2018 dini hari WIB. Meski begitu, drama-drama yang terjadi di balapan tersebut masih terngiang-ngiang di beberapa pembalap dan penikmat MotoGP. Bahkan, pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso, ikut mengomentari aksi Marc Marquez (Tim Repsol Honda) yang menjadi pusat perhatian di balapan tersebut.

Di grand prix (GP) Argentina memang diwarnai berbagai drama yang menitik pusatkan ke Marquez. Pasalnya, pembalap berpaspor Spanyol itu, kerap kali membuat masalah saat balapan berlangsung.

Hal pertama yang terjadi adalah ketika motor RC213V milik Marquez mati sesaat sebelum dimulainya balapan. Karena hal itu, pihak penyelenggara MotoGP pun menyuruhnya untuk memulai balapan dari pit lane. Akan tetapi, Marquez tetap ngeyel dan melakukan start dari grid.

Baca juga: Harapan Lorenzo pada Desmosedici GP18 di MotoGP Amerika Serikat 2018

Kemudian, pada lap kesembilan, Marquez hampir mengalami insiden dengan rider Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, saat ingin menyalip pembalap tersebut. Beruntung bagi Espargaro karena mampu mengendalikan motornya sehingga hanya membuatnya sedikit melebar dari lintasan.

Titik puncak permasalahan yang dibuat Marquez adalah ketika dirinya menyenggol Valentino Rossi (Movistar Yamaha) saat balapan memasuki lap ke-20. Lantas, akibat senggolan itu, Rossi pun harus terempas dari motornya. Meski begitu, Rossi tetap berhasil mencapai garis finis walaupun berada di urutan ke-19.

Berdasarkan perbuatan Marquez itu, Dovizioso pun menyampaikan pendapatnya. Menurut pembalap Ducati itu, insiden-insiden yang mewarnai balapan di GP Argentina adalah mutlak kesalahan Marquez. Meski begitu, ia tidak ingin menjabarkan lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Baca juga: Marko Akui Tak Terkesan dengan Renault Usai Alami kerusakan di Bahrain

“Hampir semua yang dilakukan Marc (Marquez) merupakan kesalahan (terkait insiden di GP Argentina). Dia memiliki dua kesempatan untuk mengantisipasi permasalahan yang ada, baik ketika hujan dan saat sudah kering,” ucap Dovizioso, mengutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (12/4/2018).

“Saya tidak tahu apa yang terjadi, seperti mengapa dia mematikan mesin motor ketika balapan ingin dimulai? Tetapi, semuanya kegilaan yang terjadi selama balapan, berawal dari kesalahannya tersebut,” tutup pembalap berkebangsaan Italia itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini