Share

Durian Kembang Jawara Kontes Lumajang Mencari Durian

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 406 1885155 durian-kembang-jawara-kontes-lumajang-mencari-durian-QCEFzMR0B8.jpg Ilustrasi Pohon Durian (Foto: Antara)

DURIAN kembang yang menjadi pemenang kontes durian lokal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, akan menjadi produk buah unggulan di kabupaten setempat.

"Durian lokal yang memenangkan kontes durian itu akan diperbanyak dan dibudidayakan, selanjutnya menjadi produk yang akan dipasarkan hingga keluar daerah," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang Imam Suryadi di Lumajang, Rabu (11/4/2018).

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian setempat telah menggelar "Kontes Lumajang Mencari Durian" di Kawasan Wonorejo Terpadu yang diikuti 78 peserta dari berbagai petani buah duran di kabupaten setempat.

Kontes Lumajang Mencari Durian itu dimenangkan oleh Durian Kembang milik Novi dengan nomor peserta 56 yang berasal dari Desa Gucialit-Kecamatan Gucialit, pemenang kedua nomor peserta 77 milik Abdur Rohman dari Kecamatan Gucialit, pemenang ketiga dengan nomor peserta 37 milik Arifin dari Kecamatan Gucialit, pemenang keempat nomor peserta 69 milik Rudiwanto dari Kecamatan Pasrujambe dan pemenang kelima yakni nomor peserta 28 milik Nanang dari Kecamatan Randuagung.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada petani Lumajang yang sangat antusias dalam mengikuti acara Lumajang Mencari Durian itu, sehingga dengan diadakan kontes durian itu, bisa diketahui jenis durian asli Lumajang, sehingga ke depannya akan dikembangkan dan dipetakan sebagai produk unggulan," tuturnya.

(Baca Juga: 5 Tradisi Pernikahan Paling Gila dari Suku-Suku Dunia, Ritual Minum Sperma Salah Satunya!)

Selain menerima hadiah uang tunai, lanjut dia, bibit durian pemenang kontes itu juga akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan sertifikasi dan pihaknya juga memfasilitasi para petani dan pedagang untuk memamerkan, serta menjual produk mereka dengan digelar bazar durian.

Salah satu juri Kontes Lumajang Mencari Durian, Gamal, mengatakan acara yang digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Lumajang itu mendapat dukungan dari petani durian karena terbukti dari banyaknya jumlah peserta yakni 78 peserta dengan berbagai jenis durian lokal yang ditampilkan dan dikompetisikan.

"Ini menunjukkan potensi pertanian yang ada di Lumajang sangat bagus, sehingga layak dikembangkan buah durian untuk ke depannya," katanya.

(Baca Juga: 5 Tradisi Seksual Paling Mencengangkan Dunia, Masturbasi Massal di Sungai Nil Salah Satunya!)

Ketua Pelaksana "Kontes Lumajang Mencari Durian" Donny Ananto MP mengatakan pihaknya ingin mencari buah durian asli Lumajang dengan struktur, serta cita rasa khas durian Lumajang, sehingga dengan harapan plasma nutfah buah yang menjadi juara bisa dikembangkan melalui pohon induknya sebagai produk unggulan Kabupaten Lumajang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini