Share

7 Manfaat Daun Kelor Selain Melancarkan Produksi ASI

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 10:20 WIB
$detail['images_title']
Daun kelor (Foto: Independent)

DAUN kelor atau moringa sangat jarang ditemui di zaman modern saat ini, terutama bagi orang yang tinggal di perkotaan. Padahal khasiat dari daun itu banyak sekali, termasuk membangkitkan stamina dan energi tubuh.

Tanaman ini oleh nenek moyang dikenal untuk berbagai jenis obat penyakit. Apalagi bagi ibu menyusui, daun kelor sangat berharga karena dapat membantu produksi ASI yang melimpah.

Jika dikulik nutrisinya, daun kelor adalah sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Bahkan, kandungan vitamin dari daun ini mengalahkan wortel, jeruk dan susu. Daun ini dapat dikonsumsi sebagai jus, sayuran, diolah jadi minyak, dan lainnya.

Karena nutrisinya melimpah, tak heran jika daun kelor punya banyak manfaat. Dilansir Stylecraze, Jumat (13/4/2018), berikut adalah 7 khasiat dari daun kelor yang harus Anda tahu.

Sembuhkan luka dan memar

Daun kelor mengandung zat besi, anti-inflamasi dan antiseptik. Manfaatnya dapat membantu menyembuhkan luka ringan seperti memar, luka biasa dan luka bakar. Tempelkan duan kelor di bagian kulit yang luka agar mempercepat penyembuhannya. Kalau sempat buat pasta dari duan kelor, lalu oleskan di bagian luka.

 (Baca Juga: Fakta Baru Mengenai Para Pembantu Bugil yang Kontroversial di Dunia)

Melancarkan ASI

Daun kelor adalah suplemen tradisional yang bisa melancarkan produksi ASI oleh ibu menyusui. Masyarakat sudah banyak yang tahu akan khasiat ini. Tentunya akan sangat bemanfaat bila dalam seminggu Anda menyempatkan untuk makan sayur daun kelor, jus daun kelor atau membeli ekstrak suplemen

Membakar kalor tubuh

Makan daun kelor tak hanya berkhasiat bagi ibu menyusui. Karena untuk orang dewasa, fungsinya dapat membakar kalori tubuh. Daun ini secara alami bisa menjadi suplemen pelangsing tubuh yang ampuh. Tak hanya itu, karena berat badan stabil, energi tubuh selalu tercukupi untuk beraktivitas.

  (Baca Juga: Bayi Ajaib! Lahir Setelah Kedua Orangtuanya Meninggal 4 Tahun yang Lalu)

Mengekang kolesterol jahat

Orang terkadang sulit untuk mengontrol makanan dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau lemak. Kalau ini tidak terkontrol, seseorang bisa mudah terkena penyakit jantung. Karena itu, Anda bisa membantu mengontrol dengan makan daun kelor. Pasti banyak untungnya dan tidak menimbulkan efek samping.

Diabetes

Salah satu manfaat daun kelor yakni efektif mengontrol diabetes. Seseorang dengan diabetes dapat menurunkan produksi insulin. Sementara itu, daun kelor memberikan energi dan dianggap sebagai obat herbal, yang mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Melawan kanker

Antioksidan berperan penting dalam segenggam daun kelor. Karena manfaatnya dapat menjaga sel-sel sehat dalam tubuh. Pada ahkirnya, banyak penyakit kronis yang bisa dicegah dengan makan daun kelor. Termasuk bisa mencegah penyakit kanker yang mematikan.

Memperlambat proses penuaan.

Daun kelor mengandung antioksidan yang mempromosikan kulit lebih sehat. Selain kulit tetap sehat dan cerah, rambut pun tidak gampang rontok. Lebih dari itu, daun kelor dapat dikonsumsi untuk menstimulasi metabolisme tubuh secara alami.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)